Stok Daging dan Hewan Kurban di Konawe Aman – Kendari Pos
Konawe

Stok Daging dan Hewan Kurban di Konawe Aman

KENDARIPOS.CO.ID — Meski ribuan hewan ternak mati dan hanyut dibawa banjir, warga Konawe tak perlu khawatir. Stok daging atau hewan kurban khususnya sapi jelang perayaan Idul Adha ini masih aman. Saat ini, stok sapi jantan yang siap dikurbankan sebanyak 600 ekor. Bila melihat tingkat permintaan masyarakat jelang hari raya kurban setiap tahun, jumlahnya sudah lebih dari cukup. Sebab permintaan hewan kurban hanya sekitar 250-an ekor.

Kepala Dinas Peternakan Konawe, Jumrin memastikan Konawe tak membutuhkan suplai daging sapi atau hewan kurban dari daerah lain. Hingga kini, stok daging sapi atau yang akan dikurbankan masih mencukupi. “Memang musibah banjir kemarin menyebabkan hewan ternak khusunya sapi berkurang. Tapi bukan berarti kita kekurangan. Sampai hari ini, Konawe masih menyuplai sapi ke Kolaka Timur (Koltim), Kolaka, Kendari bahkan menyeberang ke Sulawesi Selatan (Sulsel),” ujarnya.

Setiap jelang Idul Adha, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan membentuk tim lapangan khusus untuk meninjau ketersediaan hewan kurban. Tidak hanya stok, namun juga memeriksa kesehatan daging yang beredar di masyarakat termasuk di lokasi pemotongan hewan kurban. “Di Konawe, kami belum menemukan sapi yang sakit. Sebab selama ini kita sudah antisipasi dengan melakukan vaksinasi rutin dan penyuluhan cara beternak yang benar. Palingan, kalau ada yang sakit, itu langsung kita obati. Kalau sudah dipotong, kita pisahkan dagingnya,” ungkapnya.

Sebelum lebaran, pihaknya akan melakukan pendataan ke Rumah Potong Hewan (RPH). Upaya ini dalam mengontrol daging yang akan beredar di masyarakat benar-benar aman dan sehat. “Kalau kuantitas tak perlu diragukan lagi. Sekarang, kita hanya fokus mengawasi jangan sampai ada sapi yang sakit,” tandasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top