Revitalisasi Eks MTQ Dituntaskan Sebelum HPS Oktober – Kendari Pos
Metro Kendari

Revitalisasi Eks MTQ Dituntaskan Sebelum HPS Oktober

KENDARIPOS.CO.ID — Proses revitalisasi kawasan eks MTQ Square tengah berlangsung. Pengerjaan rejuvenasi yang menelan anggaran Rp 9 miliar itu ditarget tuntas sebelum pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) Oktober mendatang yang digelar di Sultra. Kawasan tersebut ditata sebagai ruang terbuka mengikuti arsitektur Monas.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, saat ini pengerjaan kawasan terus berlangsung. Jadi tugu religi ini direhab kembali dan dikembalikan pada fungsi awalnya. “Kawasan ini akan ditata sebagai ruang terbuka, tidak akan ada tambahan bangunan baru. Bangunan yang telah berdiri kokoh saat ini yang akan kita perbaiki. Kita kembalikan maruahnya,” jelas Ketua Perbasasi Sultra itu, saat ditemui di Kantor Gubernur Sulta, Kamis (1/8).

Katanya, semua item di sana akan diperbaiki, mulai dari bagian depan, belakang, tengah serta kiri dan kanan. Area parkir bagian depan akan ditata ulang. Selain itu penataan bagian belakang dan samping serta bawah tugu, semua akan kembali indah laksana awal rancangan pembangunan. Selain itu, taman-taman serta pagar juga akan diperbaiki. Jadi Rp 3 miliar untuk bagian SSDC, sekitar tugu Rp 3 miliar dan Rp 3 miliar untuk pagar dan bagian pinggiran kawasan termasuk taman-tamanya. Kawasan MTQ akan dibuat seperti monas. Penataan kawasan akan difokuskan pada penambahan beberapa area yang sesuai dengan perkembangan saat ini.

“Akan dibuatkan taman, serta penataan lainnya. Jadi akan menjadi kawasan perkumpulan yang nyaman dan akan disediakan wifi gratis. Khususnya jika hanya sekadar berjalan-jalan, lari pagi dan sore. Jadi semua kawasan dalam yang pernah dijadikan area menjual bagi sebagian orang akan ditata kembali. Sebab sudah banyak yang rusak,” bebernya.

Masih kata Pahri Yamsul, sebenarnya dalam revitalisasi ini akan dibangun pula empat pintu keliling, jadi ada di depan, belakang, samping kiri dan kanan. Namun itu akan dilakukan dalam rehab dipenganggaran selanjutnya. Sebab, akan ada perayaan besar, takutnya bila itu dibangun sejak awal, maka akan rusak saat perayaan. “Kami juga sudah memperhitungkan semua kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Di kawasan ini juga nanti akan ada pengelolanya. Nanti tergantung pengelolanya bagaimana menata kawasan itu apakan mau tarik PAD atau tidak,”terangnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy