Realisasi Serapan DAK Rp 81 Miliar Pemprov Sudah 72 Persen – Kendari Pos
Metro Kendari

Realisasi Serapan DAK Rp 81 Miliar Pemprov Sudah 72 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra menerima transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap pertama, awal Juli lalu. Jumlahnya mencapai Rp 81 miliar. Dana itu terserap lancar oleh Organiasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi pengelola anggaran. Realisasi serapan anggaran kini mencapai 72 persen.

Dra. Hj. Isma

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sultra Dra. Isma mengatakan serapan anggaran sudah menembus 72 persen, sehingga Pemprov sudah bisa mengusulkan pencairan DAK tahap II. “Rp 58 miliar sudah terserap. Tinggal tiga bidang yang serapannya belum sampai 70 persen. Yaitu Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbu) khusus SMK, sedangkan DAK untuk SMA serapannya sudah 97 persen. Termasuk Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” katanya.

Mantan Pj. Sekprov itu mengatakan pengusulan DAK tahap II memang sudah bisa dilakukan jika realisasi tahap I sudah hampir rampung. Hanya saja, itu harus terlebih dulu melewati tahapan review dari Inspektorat. “Syaratnya harus ada review dari inspektorat. Itu salah satu dasar pencairan tahap II, ” tambahnya. Dana Alokasi Khusus (DAK), kata dia akan ditransfer dalam tiga tahap setahun. Rumusnya 30 persen tahap 1, 45 persen tahap II dan 25 persen tahap III. “Di Dikbud terdapat dana bos, ada dana hibah di Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan, tapi besarannya saya kurang hafal,” lanjutnya. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy