Realisasi PAD Koltim Baru 31 Persen – Kendari Pos
Kolaka Timur

Realisasi PAD Koltim Baru 31 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kolaka Timur (Koltim) semester pertama tahun 2019 masih jauh dari target. Dari Rp 300 juta yang ditargetkan, baru Rp 106 juta yang terealisasi atau sekitar 31 persen. Kendati demikian, Pemkab Koltim tetap optimis. Untuk menutupi kekurangan, Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPM-PTSP) akan menggejot sumber-sumber pendapatan yang bisa menjadi pundi-pundi penerimaan daerah.

Kepala DPM-PTSP Koltim, H. Udin mengatakan Pemkab Koltim khusus dinas perizinan telah menargetkan PAD sebesar Rp 300 juta satu tahun. Namun dari jumlah itu, baru Rp 106 juta telah masuk di rekening kas daerah pertanggal 30 Juli 2019. “Kami hanya menarik melalui Izin Mendirikan Bangunan (IMB), surat-surat lainnya tidak ada. Sebenarnya, banyak masyarakat yang mengurus IMB. Hanya saja, tidak bisa diterbitkan lantaran berkasnya tak memenuhi syarat atau bertentangan dengan regulasi. Untuk itulah, kami usulkan agar Perda yang berlaku saatu ini direvisi dan digantikan dengan Perbup untuk penarikan perizinan lainnya seperti pemasangan papan reklame dan sebagainya” ujar Mantan Kadis Nakertrans, Senin (5/8/2019)

Dalam proses pengurusan IMB kata dia, pihaknya telap menerapkan sistem berbasis IT. Warga bisa mengaksesnya secara online baik mengurus atau melakukan pembayaran. Dana yang ditransfer pun langsung masuk ke rekning daerah sehingga potensi penyelewangan dana tidak akan terjadi. Selain itu setiap pengurusan ijin juga selalu dimudahkan. Tetapi kalau bertentangan dengan Perda tidak akan dilayani.

“Kalau pelaku usaha yang akan mendirikan bangun harus wajib mengurus IMB. Kalau tidak ada itu maka izin usaha tidak keluar. Saya juga optimis target bisa direalisasikan jika tutup buku tahun ini. Masyarakat harus sadari untuk mengurus IMB karena itu menjadi PAD daerah untuk masyarakat,” tutupnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top