Ratusan Bangunan Tanpa IMB Ditertibkan – Kendari Pos
Bau-bau

Ratusan Bangunan Tanpa IMB Ditertibkan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagaimana wilayah perkotaan, Kota Baubau terus berkembang pesat. Hampir setiap sudut kota mulai dijejali bangunan. Setiap jengkal lahan dimanfaatkan warga untuk mendirikan bangunan. Sayangnya, hal itu tidak diikuti dengan kelengkapan administrasi khususnya surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Tak mengherankan, banyak bangunan di Baubau tak memiliki IMB. Kepala Seksi (Kasi) Penegakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau, Arman Ali mengatakan kesadaran masyarakat dalam mengurus IMB masih minim. Dari beberapa kali operasi penertiban Satpol PP, pihaknya menemukan banyak bangunan tanpa izin.

Personil Satpol PP Kota Baubau saat melakukan penertiban terhadap bangunan yang tidak memiliki IMB kemarin. Sejak Januari-Agustus, sebanyak 200 bangunan.

“Cukup banyak bangunan yang berdiri tanpa IMB. Makanya, kita rutin melakukan penertiban. Sejak Januari sampai Agustus ini sudah ada sekitar 200 bangunan yang kita tertibkan karena tidak memiliki IMB,” ujarnya saat ditemui disela-sela melakukan penertiban Selasa (6/8). Bangunan yang tak miliki IMB lanjut dia, hampir semuanya masih baru. Makanya, pihaknya melayangkan surat panggilan kepada pemilik bangunan untuk mengurus kelengkapan kelengkapan administrasi. Hingga kini, pihaknya belum melakukan eksekusi. Para pemiliki bangunan cukup kooperatif.

“Kita surati mereka untuk mengurus IMB. Kalau tidak, maka proses pembangunan kita hentikan. Kalau tetap membangun dan tidak mau mengurus IMB, bahan materialnya kita amankan. Saat ini, sudah banyak barang (hasil sitaan,red) di gudang,” terangnya. Penertiban bangunan tanpa IMB kata dia, tidak hanya berkaitan dengan penegakan hukum. Namun juga upaya Pemkot Baubau dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Makanya, Dinas Perizinan, PU PR dan Satpol PP saling sinergi dalam melakukan tugas pengawasan dan penertiban. “Laporan adanya bangunan yang melanggar biasa kita peroleh dari Dinas Perizinan, PU dan anggota kita di lapangan. Makanya, kita terus lakukan penertiban untuk menegakan Peraturan Daerah (Perda) nomor 9 tahun 2017 tentang IMB,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top