Puluhan Rumah Tanpa Izin di Sempadan Pantai Baubau – Kendari Pos
Bau-bau

Puluhan Rumah Tanpa Izin di Sempadan Pantai Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Batas sempadan pantai di Kelurahan Kaobula Kecamatan Batupuaro, Kota Baubau kini telah dipenuhi rumah warga. Khusus di Jalan Wakaka, sebanyak 23 rumah telah berdiri semi permanen. Padahal pemanfaatan batas sempadan pantai tidak boleh serampangan. Regulasi diatur di pasal 31 ayat 3 UU nomor 27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil sebagaimana yang telah diubah dengan UU nomor 1 tahun 2014.

Sejumlah rumah semi permanen berdiri di kawasan batas sempadan pantai di Kelurahan Kaobula Kecamatan Batupuaro, Kota Baubau. Sebanyak 23 rumah ini hanya mengantongi izin lisan dari pemerintah kelurahan Kaobula.


Lurah Kaobula, La Ode Jabal Hibali tak menipis keberadaan rumah di kawasan tersebut. Ia sendiri malah mengakui yang memberikan izin kepada warga. Hanya saja, rumah yang dibangun hanya untuk sementara dan bukan bangunan permanen. “Saya izinkan, tetapi dengan perjanian jangan membangun permanen. Itu saya sampaikan secara lisan, karena kawasan itu masih milik pemerintah dan sewaktu-waktu dia ambil harus diberikan,” kata La Ode Jabal Hibali saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/8).

Menurutnya, area tempat pembangunan rumah warga itu tidak masuk dalam sempadan pantai. Secara aturan, tidak bertentangan dengan UU tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Sebab Kaobula tidak termasuk wilayah pesisir. “Yang dimaksud wilayah pesisir itu yang bagaimana dulu. Wilayah Kaobula itu sudah diambil pemerintah dengan membangun Rusun,” jelasnya.

Pembangunan rumah terapung di kawasan terus dilakukan. Tak mengherankan, lokasinya kini kian padat. Jika terus dibiarkan, pembangunan rumah akan terus berlangsung. Sebab tidak ada upaya dari pemerintah melakukan pelarangan. “Dibagian bawah itu banyak rumah. Ada sekitar 23 rumah. Kita tidak tahu dari mana, tapi mereka membangun juga di sana,” kata La Ode Jabal Hibali. Dihubungi terpisah, Komandan POS TNI Angkatan Laut Baubau, Letda Laut (P) Andi Heri Siswanto mengaku belum menerima adanya aduan tentang pembangun di kawasan tersebut. Untuk memastikan hal itu, ia akan segera personilnya untuk melihat langsung di lapangan. “Saya akan perintahkan anggota untuk melihatnya. Nanti saya beri kabar,” singkatnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top