Masyarakat Belum Percaya Rekapitulasi Elektronik – Kendari Pos
Politik

Masyarakat Belum Percaya Rekapitulasi Elektronik

Pramono Ubaid Tanthowi

KENDARIPOS.CO.ID — Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penerapan rekapitulasi elektronik pada pemilihan umum masih minim. Hal tersebut menjadi kendala yang masih harus dipecahkan jika rekapitulasi elektronik akan diterapkan pada Pilkada Serentak 2020. Pendapat itu dilontarkan Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi.

Ia mengaku, hasil rekapitulasi tidak akan mendapatkan legitimasi sempurna jika masih banyak publik yang tidak mempercayai sistem hitung tersebut. Dia menegaskan, legitimasi hasil akan rendah meski regulasi sistem e-rekapitulasi itu sudah disahkan. “Makanya sambil kiami kaji ini sambil kami bangun awareness masyarakat bahwa ini sistem yang bisa dipercaya,” katanya di Jakarta, Rabu (31/7).

Pramono menjelaskan, kendala lain penerapan rekapitulasi elektronik kendala berasal dari sisi regulasi. Dia mengungkapan, pasal 84 ayat 2 telah menutup pintu bagi sistem rekapitulasi elektronik ini untuk bisa diterapkan. Pasal itu menyatakan pemungutan suara adalah pemberian tanda pada kertas suara. Namun, dia mengatakan, peluang untuk menggunakan sistem tersebut sedikit terbuka di pasal 98 ayat 3 UU Pilkada.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy