Mansur Amilah, Mantan Pj Bupati Buteng Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi ADD – Kendari Pos
Aneka

Mansur Amilah, Mantan Pj Bupati Buteng Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi ADD

KENDARIPOS.CO.ID — Polres Baubau menetapkan Mansur Amilah, Mantan Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) 2015.

“Benar, Mansur Amilah ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Penetapan statusnya dari saksi naik menjadi tersangka dilakukan setelah pelaksanaan gelar perkara di Polda Sultra pada Sabtu (3/7) 2019,” kata Kasat Reskrim Polres Baubau, AKP Ronald Arron saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya, Rabu (7/8).

Kata dia, kasus korupsi yang menjerat mantan orang nomor satu di negeri 1.000 goa itu, berkaitan dengan penyalahgunaan wewenang, terkait usulan pelaksanaan kegiatan Bimtek dan pengadaan software yang melibatkan pihak swasta, Yunus Arfa sebagai penyelenggara kegiatan. Dimana dibiayai melalui ADD senilai Rp 82 juta dan diusulkan dalam APBD 2015. Pencairannya dilakukan dua tahap.

Selanjutnya, kata Ronald, telah dilakukan rapat bersama para kepala desa. Dalam rapat itu lahir keputusan setiap desa diwajibkan menyetor duit sebesar Rp 16 juta untuk biaya pelaporan pelaksanaan Bimtek dan biaya software. Padahal sebelumnya semua itu tidak masuk dalam rencana kegiatan desa yang diusulkan dan dibahas melalui Musrembang bersama masyarakat. “Nah, dari total 67 desa di Buteng, uang yang terkumpul sebesar 1,72 miliar,” katanya.

“Berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra atas penggunaan anggaran 1,72 miliar, ditemukan adanya kerugian negara sebesar Rp 786 juta. Sehingga Mansur Amilah bersama Yunus Arfa ditetapkan sebagai tersangka,” terang AKP Ronal.

Selain mengakibatkan kerugian negara, lanjut dia, pelaksanaan kegiatan tersebut tidak memberi manfaat bagi masyarakat. Output kegiatan itu juga tidak ada. “Saat ini, (Tersangka Mansur Amilah) belum ditahan. Kalau berkasnya sudah lengkap dan pertimbangan jaksa apakah dilakukan penahanan atau bagaimana nanti kita lihat,” pungkasnya. (ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy