Lima Daerah di Sultra jadi Kawasan Zona Keselamatan Transportasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Lima Daerah di Sultra jadi Kawasan Zona Keselamatan Transportasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra bersama Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra berupaya menciptakan fasilitas transportasi dengan suasana aman dan nyaman.

Hado Hasina

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan, saat ini lima kabupaten/kota di Sultra ditetapkan sebagai kawasan zona keselamatan transportasi. Penetapan kawasan zona keselamatan transportasi ditentukan atas dasar adanya simpul-simpul transportasi yang lengkap. Apalagi zona keselamatan ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Pemprov Sultra sebagai percontohan untuk seluruh wilayah di Indonesia.

“Dari simpul transportasi yang ada, yang terpenting mesti ada bandara udara. Jadi kelayakan awal dilihat dari situ, selebihnya akan ada lagi indikator lain. Lima daerah yang menjadi kawasan zona keselamatan transportasi di Sultra yakni, Kota Kendari, Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kolaka dan Muna Barat,” jelasnya saat diwawancarai Kendari Pos.

Sementara Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf, mengatakan, untuk fasilitas perlengkapan jalan dalam pencanangan zona keselamatan transportasi darat khusus Kota Kendari, beberapa simpang akan dilakukan perbaikan sesuai standar transportasi berkeselamatan. Namun saat ini belum dapat dikerjakan karena terkendala anggaran. Meski begitu, kata dia, program tersebut sudah diusulkan kebutuhan anggaran sebesar Rp 2,8 miliar. Sementara untuk empat wilayah lain yang masuk kawasan zona keselamatan transportasi, akan disurvei lebih dulu.

“Di Kota Kendari, perbaikan akan dilakukan di beberapa simpang jalan. Di antaranya, Rumah Sakit Provinsi Sultra yang lama, bundaran Mandonga, Masjid Al-Kautsar, Korem 143, Kejaksaan Tinggi Sultra, eks MTQ, P2ID, Wuawua, Pasar Baru, Bundaran Lepolepo, Bundaran Adi Bahasa, Kampus Catur Sakti dan pertigaan Universitas Halu Oleo,” ungkapnya. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy