Kukuhkan Pengurus IP3L Kasuami, Pemkot Dukung Inovasi Pangan Tradisional – Kendari Pos
Metro Kendari

Kukuhkan Pengurus IP3L Kasuami, Pemkot Dukung Inovasi Pangan Tradisional

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari memiliki sejumlah pangan tradisional yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Pemerintah Kota (Pemkot) mendukung inovasi pangan lokal agar tak kalah menarik dari kuliner impor. Sebanyak 22 anggota Ikatan Pengrajin Produk Pangan Lokal (IP3L) Kasuami tingkat Kota Kendari tahun 2019 dikukuhkan, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Selasa (6/8).

Plh Wali Kota Kendari Nahwa Umar saat melantik Ikatan Pengrajin Produk Pangan Lokal (IP3L) Kasuami tingkat Kota Kendari tahun 2019, Selasa (6/8) di ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, inovasi pangan lokal perlu dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap makanan tradisional. Selain itu, inovasi juga mampu meredam gempuran makanan impor yang dikhawatirkan bisa menggeser pangan tradisional Kendari.

“Inovasi perlu untuk meningkatkan daya saing. Baik dari segi tampilan yang menarik, cita rasa kekinian maupun harga yang terjangkau. Makanya, saya juga minta pihak akademisi untuk memberdayakan penggiat pangan lokal di Kendari. Sehingga, dapat berkontribusi dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam mengentaskan angka kemiskinan,” ujar Nahwa Umar, saat membawakan sambutan pengukuhan IP3L Kasuami Kendari tahun 2019.

Sekretaris Kota Kendari itu menambahkan, perkembangan industri pengolahan pangan berbasis bahan baku lokal, diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam pengembangan diversifikasi alias penganekaragaman pangan. Diversifikasi pangan, lanjutnya, ditujukan untuk meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis pangan lokal. Sekaligus, mendukung terwujudnya sumber daya manusia yang sehat, aktif dan produktif di kota metro. “Di Kendari ada namanya sikatto (sinonggi, kasuami, kambose dan kabuto). Kita semua tentu berharap, panganan lokal tersebut jangan sampai punah di masa-masa yang akan datang,” pintanya. (adi/b)

Plh Wali Kota Kendari Nahwa Umar saat melantik Ikatan Pengrajin Produk Pangan Lokal (IP3L) Kasuami tingkat Kota Kendari tahun 2019, Selasa (6/8) di ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy