Ketua LPJK Sultra : Tenaga Konstruksi Harus Bersertifikat – Kendari Pos
Metro Kendari

Ketua LPJK Sultra : Tenaga Konstruksi Harus Bersertifikat

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggenjot jumlah pekerja konstruksi bersertifikat. Salah satunya dengan mewajibkan penyedia jasa untuk memakai tenaga ahli yang bersertifikat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Bila tidak, maka rekanan pemerintah dianggap tidak kapabel untuk mengerjakan proyek.

Lembaga Pengembangan Jasa Konstuksi (LPJK) Sultra bekerjasama dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) untuk menekan penyedia jasa agar mempekerjakan tenaga konstruksi bersertifikat. “Kita sudah bersurat juga di BLP, agar ini menjadi perhatian bersama. Tahun 2019 ini, kita berharap pekerja konstruksi di Sultra semuanya bersertifikat,” kata Buhardiman, Ketua LPJK Sultra.

Kata dia, mulai tahun ini, tenaga ahli harus mendapat perlakuan lebih istimewa jika mengantongi sertifikat. “Mereka harus digaji lebih besar, itu resmi aturannya mulai berlaku tahun ini. Itu sebagai bentuk apresiasi bahwa mereka punya keahlian. Kalau hanya ijazah, itu tidak spesifik, apakah dia ahli jalan atau jembatan misalnya. Dengan sertifikat itu jelas apa keahliannya, karena di situ akan tertulis, ” lanjut dia.

Di Sultra, kata dia, rasio perbandingan pemilik sertifikat dengan yang belum cukup jauh. Diperkiran baru 10 persen dari 70 ribu tenaga kontruksi yang ada. Makanya sosialisasi terus ditingkatkan agar para pekerja lebih siap lagi. Sebab persaingan ke depan lebih ketat karena atauran semakin banyak yang mengikat. “Kita sosialisasi terus di kampus-kampus. Di Universitas Sembilanberlas November (USN) Kolaka misalnya, Rektor USN Azhari pun welcome karena kita langsung kasih sertifikat gratis ke mahasiswanya, khusus semester akhir saja. Karena setelah itu mereka akan terjun ke lapangan kerja, ” tambah Buhardiman. (lyn/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy