Kenaikan Retribusi NJOP dan PBB-P2 tidak Berpengaruh di Bombana – Kendari Pos
Bombana

Kenaikan Retribusi NJOP dan PBB-P2 tidak Berpengaruh di Bombana

KENDARIPOS.CO.ID — Penyesuaian kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP) serta Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sebesar 0,3 persen di Bombana tidak terlalu berpengaruh. Meski baru disosialisasikan, masyarakat tetap patuh membayar iuran pajaknya. Hingga kini, jumlah pemasukan dari hasil retribusi sudah mencapai 20,6 persen atau Rp 902 juta dari target Rp 4 miliar. Dari segi pencapaian memang masih jauh, namun respon warga usai dilakukan penyesuaian tetap sama dengan sebelumnya.

“Dengan pembayaran ini secara otomatis masyarakat sangat respon dengan penyesuaian NJOP ini, ” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendataan Penetapan Pajak dan Retribusi Badan Keuangan Daerah (BKD) Bombana, Andi Indrawati saat ditemui Kendari Pos. Penyesuaian retribusi NJOP ini kata dia, sangat membantu dalam proses pembangunan daerah. Bukan hanya itu, warga juga bisa mendapat sisi positifnya. Sebab harga lahannya meningkat. Begitupun bila mengajukan agunan kredit ke perbankan. Kenaikannya juga akan diperhitungkan.

“Positifnya untuk masyarakat ketika akan mengambil kredit di bank karena bank itu akan meninjau harga tanah berdasarkan NJOP, ” jelasnya.
Drinya berharap kepada seluruh masyarakat Bombana untuk segera melunasi retribusi NJOP PBB P2 tepat waktu. Sebab sejatinya, dana yang terserap ini akan kembali ke masyarakat melalui program kerja pemerintah baik yang sifatnya fisik maupun non-fisik. “Akhir pembayaran retribusi NJOP itu sampai 30 November mendatang. Jika melewati batas waktu yang telah ditetapkan itu, maka akan ada sanksi administrasi,” pungkasnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top