Gubernur Ingatkan Pemda, Dana Jamrek Rp 50 Miliar Dialihkan ke Provinsi – Kendari Pos
Metro Kendari

Gubernur Ingatkan Pemda, Dana Jamrek Rp 50 Miliar Dialihkan ke Provinsi

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi mengingatkan pengusaha tambang secepatnya melakukan pemindahan dana jaminan reklamasi (jamrek) dari kabupaten ke provinsi. Sebab, sejak disampaikan dalam rapat koordinasi pengendalian pembangunan 11 Juli lalu, belum banyak yang tindaklanjuti. Di depan para bupati, gubernur mendesak semua yang otoritanya memiliki aktivitas tambang untuk mengalihkan dana jaminan reklamasi ke provinsi sesuai dengan amanat UU. “Saya minta secepatnya dialihkan,” tegas Ali Mazi.

Ali Mazi

Saat ini baru satu daerah yang menyahuti cepat warning gubernur itu, yakni Konawe Utara. Selebihnya, masih dalam proses. Informasi itu diungkapkan Kadis Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra, Andi Aziz. “Jamrek itu ada mekanismenya. Prosesnya bertahap. Yang paling bagus progresnya itu Konawe Utara. Mereka sudah lakukan peralihan,” kata Andi Azis, Rabu (31/7/2019).

Dia menegaskan, komitmen dan keseriusan gubernur untuk menegakkan aturan usaha pertambangan tidak perlu diragukan. Termasuk salah satunya urusan jaminan reklamasi (Jamrek) kawasan tambang itu. ESDM kata dia terus bekerja. Identifikasi rekening dari perbankan terkait dana jamrek itu dilakukan sejak Mei lalu. “Kita terus identifikasi. Tanggal 2 Mei kami temukan Rp 36 miliar. Kemudian pada 28 Mei meningkat sebesar Rp 43 miliar. Kemudian, saat 15 Juli meningkat lagi menjadi Rp 50 miliar,” rincinya.

Jadi, total dana jamrek yang akan dialihkan ke provinsi saat ini adalah Rp 50 miliar lebih. Dana itu ditemukan pada dua bank. “Kami akan alihkan ke Bank Sultra. Sesuai arahan KPK, harus bank daerah,” tambahnya.

Lalu apa kendala saat ini? Menjawab itu, Andi Aziz mengaku tidak ada kendala. Hanya prosesnya saja yang harus mengikuti mekanisme. Dijelaskannya, peralihan jamrek itu harus melibatkan banyak pihak. Sekarang tinggal mencari waktu yang tepat untuk mempertemukan semuanya. “Kadang pengusaha di undang, tidak datang. Karena harus lengkap. Ada pihak perusahaan, ada Pemkab, pihak bank dan Pemprov,” imbuhnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy