Disdukcapil : 441 Pegawai Mubar Pindah ke Muna – Kendari Pos
Kolaka Utara

Disdukcapil : 441 Pegawai Mubar Pindah ke Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Muna Barat (Mubar) yang memilih pindah domisili di Muna cukup banyak. Khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) saja, sebanyak 441 pegawai di periode tahun 2018 hingga Agustus 2019. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mubar, sebagian besar alasan perpindahan ASN ini yaitu faktor pindah tugas dan keluarga. Kadis Dukcapil Mubar, Alimin mengakui adanya warga yang mengurus pindah domisili ke Muna. Namun itu murni untuk mencari pekerjaaan atau pindah dan alasan lain seperti ingin dekat dengan keluarga. Ia pun memastikan tidak ada kaitannya dengan perlakukan tidak adil ataupun masalah politik.

“Dari data yang masuk, kami tidak menemukan dalih yang aneh-aneh. Rata-rata alasannya itu pindah tempat kerja. Kemudian, soal tempat tinggal dan ingin dekat dengan keluarga ataupun ada perlakuan tak adil di kalangan ASN di Mubar,” jelasnya, Rabu (7/8). Selama ini kata dia, pihaknya selalu mempermudah warga yang ingin pindah domisili. Selagi itu, memenuhi ketentuan persyaratan yang telah ditetapkan. “Kita tidak mungkin menghalangi itu kalau pindah domisili. Kita layani. Dan itu normal-normal saja,” ungkapnya.

Kabag Humas Pemkab Mubar, Ali Abdin menyayangkan adanya isu yang tidak menyenangkan mengenai ikhwal 441 ASN Mubar ke Muna. Apalagi disangkut pautkan dengan isu politik. Menurutnya, pergantian dalam jajaran birokrasi merupakan hal yang lumrah. Baik mutasi, promosi, demosi serta rolling jabatan. Sebab, semua bagian dari penyegaran organisasi. “Sejauh ini para pegawai masih nyaman bekerja. Bukan hanya itu, tidak ada pemecatan honorer di Mubar,” tandas Ali Abdin.

Sebagai kepala daerah kata dia, bupati selalu mengingatkan ASN untuk bisa memahami tupoksinya sebagai pelayan masyarakat. Sikap tegas yang ditunjukan tak lain agar fungsi pelayanan sebagaimana diatur dalam UU ASN benar-benar bisa diimplementasikan. “Instruksi pak bupati cukup jelas. Hanya sekedar mengingatkan. Namun terkadang selalu disalahartikan. Padahal maksudnya sangat baik,” ujarnya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top