Yuk Kuliah di STIKES Mandala Waluya, Alumni Elektro-Medis Sangat Dibutuhkan – Kendari Pos
Edukasi

Yuk Kuliah di STIKES Mandala Waluya, Alumni Elektro-Medis Sangat Dibutuhkan

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga tahun 2040 mendatang, Indonesia membutuhkan tenaga kerja kesehatan di bidang  elektro medis sekitar 20 ribu orang. Sementara  di negeri ini hanya ada 15 lembaga pendidikan tinggi yang membuka program tersebut. Hal ini membuktikan bila alumni jurusan elektromedis, menjanjikan dan dipastikan tidak menganggur. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Asossiasi Pendidikan Tinggi Elektromedis Indonesia, Hj.Andjar Pudji,ST.MT. Semua itu diungkapkan dalam seminar nasional Nosokomial, oleh Program Studi Teknologi Elektro-Medis STIKES Mandala Waluya Kendari. “Alumni Elektro – Medis jangan takut menganggur,  data dari Kementrian Kesehatan RI, Indonesia  masih butuh tenaga elektro – Medis 20 ribu orang. Karena setiap rumah sakit dan puskesmas yang punya peralatan kesehatan, mereka harus punya tenaga Elektro-Medis. Itu sudah ada dalam undang-undang,” terang Andjar, yang hadir di Kendari dan didaulat sebagai pemateri dalam seminar yang diikuti ratusan peserta itu. 

Menurutnya bukan hanya di rumah sakit ataupun puskesmas, tapi produsen alat kesehatan, serta  lembaga pendidikan tinggi kesehatan akan butuh tenaga Elektro-Medis. “Semoga hal ini ditangkap oleh Pemda setempat, untuk memaksimalkan SDM yang ada, 

karena belum tentu SDM dari Jawa mau ke Kendari. Di Surabaya saja, tenaga elektro medis sampai inden, karena banyak yang meminta,” Papar Andjar yang juga Ketua jurusan Elektro-Medis di Poltekes Surabaya ini.

Pemateri lainnya yakni Dr.Fedelia Raya,M.Kes,Sp.PK, yang membawakan materi tentang pencegahan dan pengendalian infeksi Nosokomial di rumah sakit. Pasalnya SDM Elektro-Medis rentan terhadap penularan penyakit dari alat-alat kesehatan, terhadap dirinya sendiri. Sehingga dr.Fedelia memberikan beberapa tips, kepada peserta seminar, agar mereka bekerja sesuai standar, untuk bisa mencegah penularan penyakit yang kemungkinan terjadi. 

Demikian diungkapkan pihak dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, yang juga membawakan materi, Saido Bonzai, mensuport keberadaan jurusan elektro medis STIKES Mandala Waluya. “Ternyata jurusan elektromedis ini merupakan tenaga vital  untuk rumah sakit. Kalau ini merupakan program nasional, untuk penempatan tenaga elektro medis, tentunya kita di daerah akan mendukung,” ungkap Saido, mewakili Kepala BKD Sultra. 

Sementara itu menurut Ketua Prodi Jurusan Teknik Elektro-Medis STIKES Mandala Waluya Kendari, Ratna Umila, S.Si,.M.Sc, pihaknya sudah meluluskan 25 orang dan telah memiliki STR. Di Sultra, program studi Elektromedis ini baru dimiliki oleh STIKES Mandala Waluya Kendari. “Bila melihat peluang yang ada, tentunya hal ini sebuah angin segar bagi para alumni,” kata Ratna Umila.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua STIKES Mandala Waluya Kendari, Dr.Tasnim,SKM,MPH, yang mensuport diadakannya seminar nasional ini. Ratusan  mahasiswa  menjadi peserta, berikut sejumlah alumni, yang juga sudah bekerja. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy