Utusan Presiden Temui Tony Herbiansyah : Kakao Koltim jadi Percontohan Nasional – Kendari Pos
Aneka

Utusan Presiden Temui Tony Herbiansyah : Kakao Koltim jadi Percontohan Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Urusan Presiden RI, Joko Widodo, menemui Bupati Kolaka Timur (Koltim),Tony Herbiansyah. Tim yang terdiri dari staf sekretariat negara dan Kementerian Pertanian meninjau potensi tanaman kakao di Kabupaten Koltim. Ketua rombongan yang juga Kasubid Tanaman Penyegar Kementerian Pertanian, Hendratmojo Bagus Hudoro mengatakan kunjungan tim sekretariat bersama Kementan atas instruksi langsung Presiden, Joko Widodo. Mereka diperintahkan untuk melihat langsung kemajuan pilot project (percontohan) kakao selama dua tahun terakhir.

“Kami turun langsung melihat kondisi pilot project kakao. Koltim ini merupakan daerah percontohan tanaman kakao seluruh Indonesia. Tim teknis yang ditunjuk kementerian menurunkan personel untuk menemui petani dan menyerap masukan serta apa yang kurang sehingga dapat dibenahi guna kemajuan pilot project kakao ini,” ujar Hendratmojo, kemarin.

Hendratmojo memastikan periode pengembangan pilot project bertambah. Semula hanya dua tahun, kini menjadi lima tahun. “Pemkab Koltim harus bersungguh-sungguh mengurus pilot project ini karena ini kepercayaan negara kepada Pemkab Koltim untuk mengelola percontohan nasional ini,” ungkapnya. Bagi Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, pilot project nasional tanaman kakao merupakan anugrah yang didedikasina untuk masyarakat Koltim. Dia berharap agar kesempatan emas itu jangan disia-siakan oleh masyarakat. Mantan Wakil Bupati Konawe itu meminta Dinas Hortikultura sebagai dinas teknis harus memanfaatkan program nasional ini secara maksimal.

“Kami berterima kasih kepada Presiden RI yang telah menetapkan Koltim sebagai pilot project nasional. Kami akan maksimalkan semua kekuatan untuk menyukseskan ini. Selama dua tahun terakhir ini memang banyak perubahan. Tetapi masih banyak kekurangan yang kita miliki. Dan kami akan terus berupaya bisa berbuat yang terbaik,” ungkap Tony Herbiansyah. Bantuan sekira Rp150 juta sudah diberikan Pemkab Koltim dan Bank Indonesia kepada LEM. Kelompok petani itu membuat pasta kakao dan pupuk organik.(kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy