Tunggakan Pajak Kendaraan Dinas Pejabat di Sultra Rp 7,67 Miliar, Kendari Tembus Rp 2,1 Miliar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tunggakan Pajak Kendaraan Dinas Pejabat di Sultra Rp 7,67 Miliar, Kendari Tembus Rp 2,1 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Sultra. Kendaraan yang tak membayarkan pajak itu, didominasi oleh mobil dinas yang masih dalam penguasaan pejabat. Gubernur Sultra Ali Mazi langsung bereaksi. Ia menginstruksikan jajarannya untuk mendata siapa dan berapa aset kendaraan daerah yang masih menunggak pajak.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra menelusuri sumber-sumber PAD dari kendaraan dinas (Randis). Hasil sementara, angka tunggakan PKD menembus Rp 7,67 miliar. “Berdasarkan data saat ini sebanyak Rp 7,67 miliar pajak kendaraan dinas (Randis) yang belum terbayar untuk 17 kabupaten/kota (lengkap, lihat grafis dibawah),” kata Yusuf Mundu, Kepala Bapenda Sultra.

Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesebangpol) Sultra itu menambahkan, tunggakan itu sudah berlangsung selama kurang lebih 10 tahun. “Saya akan optimalkan. Saat ini Pemprov melalui Bapenda terus memberikan dorongan kepada Unit Pelayanan Terpadu Badan (UPTB) untuk menagih tunggakan. Sementara penagihan sudah berjalan,”terangnya saat ditemui di ruang kerjanya (1/7).

Ia menambahkan, permasalahan di lapangan yang diperoleh, pihak organisasi perangkat daerah (OPD) bukan tidak ingin membayarkan pajak Randis. Sebab, pembayaran pajak mobil dinas masih tugas Pemkab, Pemkot dan Pemprov. “Kendala lainnya, banyak Randis lama yang tidak memiliki BPKB. Sementara untuk perpanjangan pembayaran pajak, perlu bukti BPKB. Jadi itu yang menyebabkan banyak Randis yang menunggak,”ungkapnya.

Saat ini, seluruh kabupaten/kota telah melakukan koordinasi bersama Bapenda terkait pajak Randis. Setelah ada penekanan dari KPK, katanya, seluruh kabupaten/kota langsung melakukan koordinasi secepatnya. Hal ini guna pelunasan tunggakan pajak Randis. “Kami juga selalu menekankan itu, agar seluruh tunggakan segera diselesaikan. Bila tidak,maka pihak Bapenda akan mengeluarkan ultimatum. Apalagi untuk Randis, wajib segera melunasi, sebab semua telah dianggarkan,”imbuhnya. (m2/b)

Pajak Randis Belum Terbayar se-Sultra
Total : Rp. 7,67 miliar

Kabupaten/Kota Jumlah Piutang

Konawe Rp 527 juta
Kolaka Rp 823 juta
Buton Rp 409 juta
Muna Rp 415 juta
Kendari Rp 2,1 miliar
Baubau Rp 519 juta
Konawe Selatan Rp 479 juta
Kolaka Utara Rp 307 juta
Bombana Rp 178 juta
Wakatobi Rp 218 juta
Konawe Utara Rp 595 juta
Buton Utara Rp 236 juta
Konawe Kepulauan Rp 293 juta
Kolaka Timur Rp 188 juta
Muna Bara Rp 122 juta
Buton Selatan Rp 123 juta
Buton Tengah Rp 129 juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy