Total Mahasiswa 6.309 Orang, Unidayan Baubau Kekurangan Dosen dan Ruang Kuliah – Kendari Pos
Bau-bau

Total Mahasiswa 6.309 Orang, Unidayan Baubau Kekurangan Dosen dan Ruang Kuliah

KENDARIPOS.CO.ID — Rasio dosen dan mahasiswa di Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Udiyana) Baubau tidak berbanding lurus. Universitas itu sangat kekurangan dosen. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Andi Terdri mengungkapkan total mahasiswa Unidayan yang terdaftar sebanyak 6.309 orang. “Tenaga dosen kita saat ini sebanyak 194 orang untuk mengajar seluruh mahasiswa itu. Jumlah dosen ini masih kurang. Rencananya kita akan tambah 25 orang,” ujarnya.

Rektor Unidaya, Ir. H. LM. Sjamsul Qamar ST, MT (dua dari kiri) dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Andi Terdri M.Si (kiri) bersama pejabat Unidayan memaparkan terkait rasio mahasiswa dan dosen.

Selain itu, ruang kuliah juga masih sangat kurang. Kapasitas 72 ruang kuliah dianggap tidak mampu menampung ribuan mahasiswa. “Dari total mahasiswa yang terbagi dalam 17 program studi (Prodi) itu mestinya tersedia 140 ruang kelas, ” ungkap Andi Terdri. Pihak Unidayan memandang, semua kekurangan itu dapat diatasi dengan ketersediaan dana memadai untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kebijakan menaikkan SPP dianggap perlu, namun urung dilakukan setelah ada gelombang protes dari mahasiswa. Unidayan memilih melakukan penyesuaian saja.

“Sebagai contoh, SPP tertinggi itu ada di Fakultas Teknik sebesar Rp 1.850.000. Rencananya naik menjadi Rp 2.500.000. Tapi karena ada protes, kita lakukan penyesuaian menjadi Rp 2.300.000. Lalu, SPP terendah di Fakultas Perikanan dan Kelautan, hanya Rp 1.650.000. Rencananya akan naik menjadi Rp 2.000.000. Tapi kita sesuaikan menjadi Rp 1.800.000,” jelas Andi Terdri.

Sebelumnya, Rektor Unidayan, Ir. H. LM. Sjamsul Qamar ST, MT mengatakan kebijakan rencana kenaikan SPP semata-mata untuk pengembangan universitas. Mulai dari sarana dan prasarana kampus hingga tenaga dosen. “Alasan kenaikan SPP karena tuntutan kebutuhan saat ini kita mengerjakan pembangunanan gedung L. Kita juga berencana menambah dosen agar rasional dengan jumlah mahasiswa. Semua itu bermuara pada penyelenggaran pendidikan bermutu,” tutupnya. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy