Total Emban Amanah, Polres Konawe Sigap Respon Bencana – Kendari Pos
Konawe

Total Emban Amanah, Polres Konawe Sigap Respon Bencana

Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar (depan, dua dari kanan) mendampingi Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto saat memantau musibah banjir bandang di Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Kepolisian Resort (Polres) Konawe tak perlu diragukan. Lembaga yang dipimpin AKBP Muhammad Nur Akbar ini mampu mengimplementasikan visi yang digaungkan Kapolri yakni anggota Polri harus profesional, modern dan terpercaya (Promoter). Tak heran, Polres Konawe tidak hanya respon terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas), namun juga dalam sigap dan tanggap musibah bencana di Konawe dan Konawe Utara (Konut).

Sumbangsih institusi pengayom masyarakat telah dibuktikan saat banjir melanda Konawe. Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar yang memimpin langsung operasi tanggap bencana. Selama banjir melanda, anggota Polri tidak hanya memastikan keamanan namun terlibat langsung dalam proses evakuasi korban, distribusi bantuan hingga pembentukan posko pengungsian dan pelayanan kesehatan gratis.

Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar mengatakan Polri terus berusaha meningkatkan pelayanan dan pengabdian terhadap masyarakat. Untuk itulah, pihaknya selalu berperan aktif dalam menjaga kondusifitas daerah termasuk ikut mendorong pembangunan. Upaya ini semata-mata menjadi bentuk pengabdian Polri untuk masyarakat dan Pemda setempat.

Sebagai lembaga pengayom masyarakat, Polres Konawe harus sigap termasuk dalam operasi penanggulangan bencana. Diawali banjir yang melanda Konawe Utara (Konut) yang merusak ratusan rumah warga. Saat daerah otorita Ruksamin dilanda banjir bandang, Polres Konawe langsung menerjunkan 246 personil untuk membantu proses evakuasi dan distribusi logistik.

Tak lama kemudian, giliran Konawe yang terkena bencana banjir. Sebanyak 25 kecamatan di Konawe terendam. Tak ingin berlama-lama, pihaknya menginstruksikan seluruh Polsek bertindak cepat dengan membagi tim untuk memberikan bantuan evaluasi warga.

Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar (kiri) mendampingi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian saat meninjau lokasi bencana.

“Yang terdata 246 personil yang turun, tapi kenyataan di lapangan seluruh personil dan juga Polsek kita turunkan. Mereka fokus tanggap bencana di wilayah masing-masing. Namun semua dalam satu komando dari posko utama tanggap darurat, hingga masa tanggap darurat dinyatakan selesai,” ujar Akbar, sapaan akrab Kapolres Konawe. (b/hel)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top