Buton Utara

TMMD Jaga Tradisi Gotong Royong

KENDARIPOS.CO.ID — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 Kodim 1416/Muna sangat direspon masyarakat. TMMD merupakan kegiatan terpadu lintas sectoral, sehingga dalam pelaksanaannya, TNI tidak bekerja sendiri, tetapi menggandeng banyak pihak. Seperti program TMMD terkait perbaikan Talud Dermaga di Desa Banu Banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara, Jumat (12/7/2019). TNI, Polri dan masyarakat yang tergabung dalam Satgas TMMD 105 Buton Utara Kodim 1416/Muna begitu antusias bahu membahu.

Anggota TNI dan Polri juga masyarakat bersama-sama membenahi talud di Desa Banu Banua Jaya.

“Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Kerjasama dan semangat yang luar biasa ditunjukkan oleh seluruh personel Satgas dan masyarakat yang ada di Butur,” kata Bripka Ismail, dari jajaran Polres Muna.

“Saya sangat senang bisa tergabung bersama satgas ini, kapan lagi dan dimana lagi kita bisa bersama untuk membangun dan memajukan daerah ini, dari hal kecil seperti inilah bingkai NKRI akan terus terjaga, TNI, Polri hadir untuk melayani masyarakat,” sambung dia,

Dalam kesempatan itu Bripka Ismail menambahkan, untuk kegiatan TMMD seperti ini memang harus dilaksakan karena inilah yang masih memelihara dan menjaga adat dan budaya untuk saling bersilaturahmi dan bergotong rorong. “TMMD merupakan sarana pemelihara adat dan budaya gotong royong, saya berharap program seperti diperbanyak bukan hanya itu saja dengan TMMD kita bisa lebih mengenal dan mengetahui kendala di masyarakat,” tandasnya.

Sementara Personil Polres Muna lainnya, Bripka Triwahyono sangat mengapresiasi program yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. Ini sangat bagus dalam mendorong kemajuan Indonesia dari pinggiran. TTMD sebagai aktualisasi budaya gotong royong karena seluruh elemen bangsa bergandeng tangan, dan bersatu menggelorakan nilai kebangsaan. Tujuannya, agar kesejahteraan masyarakat desa meningkat. “Kita berharap TMMD mendorong peran serta dan partisipasi aktif masyarakat, sehingga secara bertahap masyarakat mampu menbangun diri dan lingkungan secara mandiri,” tutupnya. (had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy