Tingkatkan Kompetensi, Dosen UHO Dilatih Aplied Approach – Kendari Pos
Edukasi

Tingkatkan Kompetensi, Dosen UHO Dilatih Aplied Approach

Pelatihan Aplied Approach yang digelar di lantai II, Rektorat UHO, Rabu (3/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya kualitas mahasiswanya yang terus digenjot, Universitas Halu Oleo (UHO) juga berupaya meningkatkan mutu pendidikan tenaga pendidiknya. Salah satunya melalui pelatihan Aplied Approach (AA) Tenaga Pendidik yang dihelat Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) di Gedung Rektorat UHO, Rabu, (3/7).

Saat memberikan sambutan, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si.,M.Sc., mengungkapkan peningkatan mutu pendidikan harus diawali dengan tenaga pengajar yang harus memiliki kompetensi, sehingga menghasilkan generasi bangsa yang cerdas dan juga berkarakter. Untuk itulah, pelaksanaan pelatihan dosen lingkup UHO ini diharapkan dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan. Apabila, dosennya tidak meningkatkan kompetensi tentu hasilnya juga tidak berkualitas mencetak pendidikan yang baik.

“Semua dosen di lingkup UHO selalu kita genjot untuk meningkatkan kompetensinya dalam proses belajar mengajar,” ucapnya Rabu, (3/7).

Dijelaskan bahwa pelatihan tenaga pendidik di lingkup UHO merupakan agenda tahunan yang dilakukan universitas dengan peserta yang terus bertambah. “Pelatihan seperti ini, harus terus berjalan. Saya selaku pimpinan UHO mendorong para dosen untuk melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar, khususnya diera teknologi yang semakin canggih,” ujar Ketua KAGAMA Sultra ini.

Sementara itu, Ketua Panitia, Saifuddin menyebutkan, pelatihan ini diikuti oleh 62 dosen dan 14 Fakultas. Kegiatan ini memiliki dua rangkaian yakni, Pengembangan keterampilan teknis kontekstional dan Aplied Approach. Pelatihan ini dikhususkan bagi tenaga pendidik nonkeguruan. “Peserta yang ikut pada pelatihan ini, dikhususkan untuk tenaga pendidik nonkeguruan,” jelasnya.

Peserta pelatihan akan diberikan bimbingan teknis terkait sistem pembelajaran, menggunakan model pembelajara, medi-media pembelajaran. Pasalnya, dosen non keguruan tidak mempunyai basic pembelajaran tersebut. “Untuk dosen keguruan, dipastikan mereka sudah memiliki kompetensi dibidang tersebut. Sebab, teknis dan media pembelajaran merupakan pelajaran wajib saat mereka kuliah. Berbeda dengan dosen nonkeguruan,” ujarnya.

Saifuddin juga berharap, dengan diadakanya kegiatan ini, para tenaga pendidik UHO dapat memberikan kontribusi saat melaksanakan proses belajar mengajar dengan kualitas dan mutu yang tinggi. “Semoga seluruh peserta dapat menerapkan ilmu dalam pelatihan ini di dalam ruangan,” pungkasnya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy