Tes CPNS Gunakan Sistem HOTS : Kemenristek-Kemendikbud Kolaborasi Bikin Rumusan Soal – Kendari Pos
Nasional

Tes CPNS Gunakan Sistem HOTS : Kemenristek-Kemendikbud Kolaborasi Bikin Rumusan Soal

peserta tes CPNS pemprov saat mengikuti tes SKD di GOR bahteramas Kendari tahun 2018 lalu. Tahun ini, pemerintah berencana membuka rekrutmen CPNS lagi Oktober mendatang.

KENDARIPOS.CO.ID — Tes seleksi aparatur sipil negara (ASN) 2019 akan menerapkan sistem soal high order thinking skills (HOTS). Teknisnya, soal tes tidak ada benar salah. Yang ada benar semua. Namun yang membedakan bobot nilainya saja. Panitia seleksi nasional (panselnas) sedang mengevaluasi soal-soal seleksi tahun lalu. Bukan berarti soal seleksi tahun ini lebih sulit. Hanya menyesuaikan perkembangan dan tantangan masa kini.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan. Menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi merupakan anggota panselnas. Dua kementerian tersebut mendapat tugas untuk membuat soal tes.

Menurut Ridwan, tingkat kesulitan tes CPNS tidak berubah. Hanya, soal tes tahun ini memiliki tantangan yang berbeda dari sebelumnya. “Istilahnya Kemendikbud dan Kemenristekdikti bentuknya soalnya itu HOTS,” kata Ridwan, kemarin. Soal HOTS nantinya ada pada tes karakteristik kepribadian (TKP). Jumlahnya sebanyak 35 soal.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy