Terapkan Presensi Fingerprint, ASN Konsel tak Bisa Bolos Kerja – Kendari Pos
Konawe Selatan

Terapkan Presensi Fingerprint, ASN Konsel tak Bisa Bolos Kerja

Diskominfo Konsel melatih tenaga admin aplikasi presensi berbasis fingerprint. Para admin presensi disetiap OPD nantinya akan memprint out daftar hadir dan akan dilaporkan kepada Bupati Konsel.


KENDARIPOS.CO.ID — Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Konawe Selatan (Konsel) tak bisa lagi memanipulasi presensi (kehadiran). Daftar hadir manual akan disandingkan dengan presensi elektronik. Pemkab telah menerapkan kehadiran ASN berbasis fingerprint sebagai salah satu upaya menegakkan kedisiplinan dan kewajiban mematuhi jam kerja aparatur.

ASN Konsel wajib presensi sistem sidik jari saat masuk kerja pagi dan pulang sore hari.Untuk mengefektifkan penggunaan dan pemanfaatan fingerprint masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) melaksanakan evaluasi dan pelatihan tenaga admin aplikasi presensi. Pelatihan digelar di Laboratorium Inovasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Diskominfo dan Persandian Konsel.

Kepala Diskominfo dan Persandian Konsel, Anas Mas’ud mengatakan kegiatan ini untuk mengevaluasi dan melatih kinerja para admin absensi berbasis website online tiap OPD.
Sekaligus meningkatkan pengetahuan mereka agar lebih paham dalam mengelola fitur aplikasi presensi tersebut.

“Ini bertujuan untuk mengontrol tingkat kehadiran pegawai secara konsisten dan berkesinambungan yang terupdate setiap hari. Nantinya dijadikan acuan Pemda dalam memberikan sanksi jika pegawai sering datang terlambat atau tidak masuk kerja,” ujarnya di dampingi Kabid Aplikasi TIK, Hasran Parenda, kemarin.

Admin presensi disetiap OPD dilatih untuk dapat menarik data secara mandiri (print out) dengan membandingkannya pada absensi manual yang selama ini slalu diprint oleh Kominfo. Saban akhir bulan admin Diskominfo akan mengunci (close fingerprint). “Dan sudah tidak bisa dilakukan perubahan, selanjutnya dilaporkan ke bupati dan BKPSDM serta OPD bersangkutan terkait tingkat kehadiran para pegawai dimasing-masing instansi,” jelas Anas Mas’ud.

Mantan Kabag Pemerintahan Setda Konsel itu menambahkan setelah disempurnakan, sistem ini akan menyediakan fitur yang terintegrasi secara online pada seluruh OPD. “Jadi semua pegawai bisa melakukan presensi di semua kantor OPD, sesuai waktu yang telah di tetapkan Pemda,” imbuhnya.

Bagi ASN yang tidak hadir karena sakit atau tugas luar, tentu ada laporan dan izin dari pimpinan OPD. Anas Mas’ud menyebut Diskominfo hanya menyediakan sarananya, masing-masing OPD yang berwenang dan bertanggung jawab memonitor pegawainya dan diverifikasi BKPSDM. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy