Tanpa LPJ, DD Tahap II tak akan Dicairkan – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Tanpa LPJ, DD Tahap II tak akan Dicairkan

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala desa (Kades) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dituntut untuk segera melengkapi laporan pertangung jawaban (LPJ) Dana Desa (DD) 2018 dan DD tahap I 2019. Jika tidak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konkep, tak akan mencairkan anggaran negara tahap II 2019 ini.

Kepala DPMD Konkep, Mihdar mengungkapkan anggaran DD tahap II sudah ada di kas daerah (Kasda). Namun, masih menunggu administrasi LPJ Kades yang menjadi persyaratan penyaluran DD tahap II di rekening masing-masing desa. “Belum semua desa menyetor LPJ. Dari 89 desa, baru 90 persen yang lengkapi persyaratan pencairan,” kata Mihdar, kemarin. Kata dia, untuk tiga desa yang terindikasi ada temuan Inspektorat yakni Desa Wawola, Langara Iwawo dan Desa Pesue, sampai saat ini belum juga mengumpulkan LPJ DD tahun 2018. Sementara, yang menjadi persyaratan utama pencairan DD tahap II 2019 yaitu LPJ 2018 lalu.

Mantan Kasubag Humas dan Protokoler Setwan DPRD Konkep itu mengakui untuk pencairan DD tahap I tiga desa tersebut sudah disalurkan. Pasalnya, saat pencairan tahap I administrasi yang diwajibkan hanya Angaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan RKA desa. “Pencairan DD tahap II, harus lengkap LPJ DD tahun 2018. Mulai tahap I sampai tahap III. Kalau LPJ tahun lalu tidak disetor, maka DD tahap II 2019 tidak bisa kita cairkan. Itu sesuai peraturan Menteri Keuangan. Dan bukan hanya tiga saja, tapi semua desa yang ada di Konkep,” jelasnya.

Selain LPJ tahun lalu yang disyaratkan untuk pencairan DD, DPMD Konkep juga mewajibkan setiap desa untuk mengaktifkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Agar rekomendasi pencairan tahap II bisa diberikan. “Baru beberapa desa yang saya sudah tanda tangani rekomendasi pencairannya. Mudah-mudahan dalam pekan ini, semua desa sudah melengkapi administrasinya,”imbuh Mihdar. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top