Tak Pasang Perekam Pajak, Izin Usaha Rumah Makan Dicabut – Kendari Pos
Metro Kendari

Tak Pasang Perekam Pajak, Izin Usaha Rumah Makan Dicabut

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari mengimbau pemilik restoran dan rumah makan untuk memasang alat perekam pajak. Sanski pencabutan izin usaha telah menanti pebisnis kuliner yang tidak memasang alat tersebut. Sekretaris BPPRD Kota Kendari, Sapri mengatakan, pemilik usaha diwajibkan untuk memasang alat perekam pajak sesuai hasil kesepakatan dengan tim Koorsupgah KPK RI. Dari 100 unit alat perekam pajak, sampai hari Senin (8/7/2019) sudah terpasang sebanyak 75.

“Target kita ditahap awal, 100 unit bisa terpasang secepatnya. Kalau habis, kita akan usul penambahan lagi sebanyak 200 unit ke Bank Sultra selaku vendor alat perekam pajak itu,” ujar Sapri saat ditemui di ruangannya, Senin (8/7).

Sapri mengatakan, wajib pajak yang nantinya tidak mematuhi ketentuan pemasangan alat perekam pajak bakal dikenai sanksi. Pemerintah akan melayangkan surat teguran sampai tiga kali kepada pelaku usaha yang tak peduli soal imbaun pemerintah. Kalau belum ada itikad baik, izin usaha warung makan itu akan dicabut.

Mantan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Kendari itu menyebut, sejauh ini respon pemilik rumah makan dan masyarakat cukup bagus terhadap pemasangan alat perekam pajak itu. Hanya saja, lanjut Sapri, kendala di lapangan, masih banyak pelaku usaha yang belum paham menggunakan alat tersebut. Makanya katanya, selain memasang, BPPRD juga siap memberikan pendampingan mengenai tata cara pemakaian alat itu.

“Alhamdulillah penerimaan pajak restoran kita sekarang mencapai 90 persen. Itu berkat pemasangan alat perekam pajak. Target kita, 441 rumah makan dan restoran di Kendari bisa terkoneksi dengan alat ini,” imbuhnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy