Sudah Mandiri, Masih juga Terima Bantuan PKH – Kendari Pos
Bau-bau

Sudah Mandiri, Masih juga Terima Bantuan PKH

KENDARIPOS.CO.ID — Program Keluarga Harapan (PKH) diperuntukan bagi warga miskin. Di Kota Baubau masih ada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang seharusnya tidak mendapat bantuan karena sudah mandiri dari sisi ekonomi, tapi masih menerima PKH. Sebaliknya, ada warga miskin justru tidak masuk PKH.

“Banyak komplain yang kami terima tentang masyarakat yang harusnya dapat PKH tapi belum dapat. Hampir setiap hari kami didatangi. Tapi kita tidak bisa paksakan karena mereka belum masuk dalam Basis Data Terpadu (DBT),” kata Abdul Rajak, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Baubau di ruang kerjanya, kemarin.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Baubau, Hasruddin mengaku belum tahu persis jumlah warga yang belum tersentuh PKH. Adapun KPM yang sudah mandiri secara ekonomi dan diduga masih menerima bantuan sedang diverifikasi. “Yang pasti warga miskin yang belum masuk PKH masih banyak. Untuk bisa masuk harus tercatat di DBT. Makanya, kita memvalidasi ulang DBT karena terakhir di unggah tahun 2015,” ujarnya.

Total jumlah KPM bantuan PKH di Baubau sebanyak 5.579 KK. Dari hasil verifikasi sementara, 17 KK yang sudah mandiri ekonomi. “Laporan dari tim ada 17 KK yang sudah kategori mampu tetapi masih terima PKH. Kami akan lakukan graduasi,” ungkap Hasruddin. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top