Sudah 30 Tahun, Jembatan Pelabuhan Feri Kendari Butuh Perbaikan – Kendari Pos
Metro Kendari

Sudah 30 Tahun, Jembatan Pelabuhan Feri Kendari Butuh Perbaikan

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi jembatan Pelabuhan Feri Kendari dinilai sudah tak layak. Sejak dibangun 30 tahun silam, hingga kini belum ada perbaikan. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajukan permohonan rejuvenasi jembatan itu kepada pemerintah pusat.

Kepala Dishub Sultra Hado Hasina (tengah), anggota DPR RI Ridwan Bae saat menyambangi jembatan Pelabuhan Feri Kendari.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan kondisi jembatan Pelabuhan Feri Kendari sangat memprihatikan. Padahal untuk PAD kawasan ini setiap tahun menyumbang Rp 2 miliar. Hado menambahkan pelabuhan itu sudah berumur sekitar 30 tahun sejak dibangun oleh pemerintah pusat. Mengalami rusak parah selama 10 tahun.

“Jebatan Pelabuhan Feri Kendari dibangun oleh pemerintah pusat, lalu diserahkan ke Pemprov. Namun sejak diserahkan, hingga hari ini belum ada anggaran untuk pemeliharaan. Padahal dengan PAD Rp 2 miliar, jika saya minta Rp 500 juta untuk perbaikan sebenarnya harusnya tutup mata,” keluhnya.

Namun, ia memilih meminta pemerintah pusat yang melakukan rejuvenasi. Surat permohonan perbaikan jembatan pelabuhan yang akan dikirim ke pusat sudah disetujui oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. Yang akan melakukan perbaikan pemerintah pusat, PAD diambil tetap Pemprov. Ia menambahkan ada beberapa jembatan pelabuhan yang tangganya harusnya naik turun, namun tak berfungsi karena tidak pernah ada anggaran pemeliharaan. Sehingga para petugas Pelabuhan Feri menyayangkan kondisi itu. Bila tidak mau ada perbaikan, kata dia, lebih baik ditutup saja.

Anggaran perbaikan satu jembatan Pelabuhan Feri Rp 9 miliar. Setidaknya, ada 16 jembatan Pelabuhan Feri yang butuh perbaikan. Maka akumulasi kebutuhan anggaran mencapai Rp 144 miliar. Pihaknya tengah mengupayakan realisasi rencana pembenahan itu. “Terutama jembatan terparah seperti di Pelabuhan Feri Kendari. Sementara jembatan lainnya, seperti di Kota Baubau, Wakatobi, Tampo, Tondasi dan Mawasangka juga menjadi prioritas,” kata mantan Pj Wali Kota Baubau itu. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy