Stok Melimpah, Harga Daging Ayam Broiler di Kendari Stabil – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Stok Melimpah, Harga Daging Ayam Broiler di Kendari Stabil

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Fenomena naiknya harga daging ayam broiler (potong) pada sejumlah daerah di tanah air, rupanya tidak terjadi di Sultra. Pantauan Kendari Pos, Selasa (2/7) di beberapa pasar rakyat yang menjadi rujukan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam mengolah data, sama sekali tidak ditemukan adanya kenaikan harga daging ayam.

Di Pasar Sentral Kendari misalnya, harga ayam broiler masih berada dikisaran Rp 28 ribu/kg atau sama dengan 1 ekor ayam broiler ukuran kecil yang seharga Rp 45 ribu/ ekor. Sedangkan yang ukuran jumbo, harganya sekitar Rp 30 ribu – Rp 35 ribu/kg atau setara dengan 1 ekor ayam broiler ukuran jumbo yang harganya dikisaran Rp 55 ribu – Rp 60 ribu/ekor. “Harganya masih stabil pak, karena stok ayam dari kandang lancar dan jumlahnya juga banyak,” ujar Risman salah satu pedagang ayam potong di pasar itu.

Hal yang sama juga dijumpai di Pasar Sentral Mandonga. Dimana harga daging ayam broiler masih berada dikisaran harga Rp 30 ribu/kg. Menariknya, harga ayam kampung di pasar ini, malah mengalami penurunan harga dari yang sebelumnya seharga kisaran Rp 80 ribu – Rp 100 ribu/kg, kini hanya Rp 65 ribu – Rp 70 ribu/kg. “Harga ayam kampung turun pak, kemarin kami jual Rp 200 ribu/ ekor (setara dengan Rp 80 ribu/kg), kini kami jual hanya Rp 140 ribu saja/ekor (setara Rp 70 ribu/kg),” ujar Marwiah salah satu pedagang daging ayam di pasar itu.

Masih normalnya harga daging ayam di beberapa pasar rakyat yang ada di Kendari ditanggapi positif oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sultra, Hj Sitti Saleha. Menurutnya, harga normal dikarenakan stok yang masih melimpah dari suplaier daging ayam broiler. Selain itu, kata dia, di Sultra banyak peternak ayam broiler, sehingga tidak terpengaruh dengan anjloknya harga daging ayam broiler dari luar Sultra. “Meski harga daging ayam di luar Sultra naik, harga kita masih stabil. Ini terkait banyaknya stok. Selain itu, di Sultra tidak ada broker dan juga kami sangat intens melakukan pengawasan dilapangan. Jika ada yang main-main dengan harga kami akan tindak,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy