Solidaritas Scooter Otomotif Club 777 Kendari : Satu Vespa, Sejuta Saudara – Kendari Pos
Aneka

Solidaritas Scooter Otomotif Club 777 Kendari : Satu Vespa, Sejuta Saudara

Ketua SOC 777 Kendari, Sadikin (kedua dari kanan) bersama para anggota lainnya di sekretariat mereka.

KENDARIPOS.CO.ID — Scooter. Mungkin hanya generasi “Z” dan “Alfa” yang tak familiar dengan salah satu jenis kendaraan yang melegenda itu. Sepeda motor berjenis skuter (scooter) ini pun tak pernah kehilangan penggemar. Meski jumlah penggunanya cenderung menurun, motor jadul ini masih tetap eksis. Di Indonesia, penggunanya termasuk yang terbanyak di dunia. Hanya kalah oleh Italia, negara asal vespa itu sendiri.

Di Kendari pada dekade 70 dan 80-an, vespa banyak digunakan oleh lembaga tertentu sebagai sarana operasional kantor. Namun seiring berjalannya waktu, nama vespa mulai terkikis oleh hadirnya sepeda motor Jepang dengan berbagai merek yang menawarkan teknologi baru dan desain lebih modern. Orang pun ramai-ramai berpaling ke motor Jepang. Meski begitu, penggemar skuter Italia masih ada di Kota Kendari. Terbukti dengan masih ditemuinya pengendara vespa di Metro ini. Penggunanya masih didominasi generasi pertama. Ada juga beberapa anak muda yang kemudian menjadi penggila vespa.

Anggota SOC 777 Kendari saat berada di Puncak Lasusua, Kolaka Utara dalam perjalanan menuju Kota Manado.

Untuk menyatukan hobi, awal tahun 1997 beberapa penggemar vespa mulai memikirkan untuk membentuk wadah, khusus area Kendari dan sekitarnya. Adalah Sadikin yang mengggagas lahirnya organisasi tersebut. Dalam kunjungannya ke Pare-Pare pada Mei 1997, Sadikin melihat eratnya solidaritas para anggota komunitas vespa di daerah itu. Bukan hanya sebagai penyatu hobi, komunitas juga menjadi wadah para anggotanya (scooter rider) untuk saling membantu. Ia pun tertarik untuk mendirikan klub serupa di Kota Kendari. Tepat dua bulan setelahnya, Scooter Otomotif Club (SOC) 777 Kendari resmi berdiri, 7 Juli 1997.

Angka 777 merupakan singkatan dari tanggal 7 bulan 7 tahun 1997. SOC 777 menjadi klub vespa tertua di Sulawesi Tenggara (Sultra). Anggotanya saat ini berjumlah 25 orang dan mayoritas berusia 30 tahun ke atas. Dalam catatan Ikatan Vespa Indonesia, SOC 777 Kendari terdaftar secara resmi sebagai anggota klub. Di Sultra, baru dua komunitas yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Vespa Indonesia yakni SOC 777 Kendari dan Baubau Scooter Club. “SOC 777 sudah memiliki cabang di Kabupaten Kolaka. Sebelumnya ada di Baubau. Tapi sudah bubar. Saat ini sedang digagas kembali,” ujar Ketua SOC 777 Kendari, Sadikin, saat ditemui.

Begitu berdiri, SOC 777 Kendari langsung terlibat dalam berbagai event regional seperti kumpul skuter Sulawesi dan Celebes Scooter Party. Dalam kegiatan kumpul vespa nasional pun SOC 777 Kendari selalu ambil bagian. Mulai dari Surabaya, Jogyakarta, Bandung, Kalimantan, hingga Jakarta. Saat ini, SOC 777 Kendari sedang bersiap untuk mengikuti event global yakni Vespa World Days yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 23-26 Juli 2020. SOC 777 Kendari direkomendasikan oleh Ikatan Vespa Indonesia selaku Ketua Region Sultra. Pada 5 Oktober 2019 nanti, SOC 777 Kendari juga akan mengikuti event tahunan Celebes Scooter Party yang akan digelar di Bitung. (b/m7/cok)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy