Sikapi Arahan Wapres, Gubernur Dorong Pembangunan Smart City di Sultra – Kendari Pos
Metro Kendari

Sikapi Arahan Wapres, Gubernur Dorong Pembangunan Smart City di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi mengaku siap menindaklanjuti arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait peningkatan inovasi bidang teknologi demi mewujudkan smart city (kota cerdas). Menurutnya, arahan itu sejalan dengan beberapa program strategis yang menjadi agenda pembangunan pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra. “Ini motivasi buat Pemda, khususnya Sultra untuk terus berinovasi dalam pembangunan. Khususnya untuk mendorong pembangunan smart city di Sultra,” ungkap Ali Mazi, kemarin. Gubernur bersama para kepala daerah di seluruh Indonesia mendapat arahan Wapres saat menghadiri pameran Smart City Expo dan Forum (IISMEXX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu malam (17/7).

Gubernur Sultra, Ali Mazi (dua dari kiri) foto bersama Wali Kota Baubau AS Tamrin (tengah), Bupati Konsel Surunuddin Dangga (dua dari kanan), Wabup Konkep Andi Muh Lutfi, serta salah seorang pejabat Sultra usai menghadiri Smart City Expo dan Forum (IISMEXX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta.

Suami Agista Ariany ini menjelaskan, melalui kegiatan itu, pemerintah pusat mengajak seluruh Pemda untuk terus meningkatkan inovasi dalam bidang tehnologi demi mewujudkan smart city. “Acaranya, pameran teknologi Smart City. Motivasi untuk kita semua, supaya pelaksanaan pemerintahan daerah selalu berinovasi lebih baik,” jelasnya. Lebih jauh Ali Mazi menjelaskan, semua kepala daerah harus mampu memotivasi jajarannya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi. Ini dalam rangka mempermudah pelayanan pada masyarakat. “Saya siap tindaklanjuti di daerah. Para bupati dan wali kota sudah mendengar langsung arahan dari Wapres dan Mendagri, bahwa kita harus selalu bekerja maksimal,” tambahnya.

Selaku gubernur, mantan Ketua Golkar Sultra ini mengaku punya kewajiban mendorong percepatan pembangunan smart city di daerah. “Setiap kota harus jadi kota cerdas, kota smart dengan penggunaan teknologi,” lanjutnya.

Hal itu menurut dia, mudah diwujudkan, bila semua bupati dan wali kota berpikir cerdas dalam menentukan setiap kebijakan pembangunan. “Wapres juga minta kita mengembangkan ekonomi daerah dengan teknologi. Mudah-mudahan para OPD juga bisa memahami dan melaksanakan ini,” harapnya. Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pada kepala daerah untuk cerdas memanfaatkan teknologi. Hal ini disampaikan saat membuka pameran Smart City Expo dan Forum (IISMEXX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (17/7) malam.

Menurut JK, konsep kota cerdas merupakan bagian dari peningkatan ekonomi yang adil bagi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi tepat guna. Untuk itu diperlukan inovasi dan inisiatif pemerintah daerah. Supaya memaksimalkan potensi daerah masing-masing. “Ini harus menjadi perhatian semua keapal daerah,” pesannya. Tema pameran ini adalah “Poweemaring Public Services: Uniting Resources Within Synergy, Innovation, and Collaboration Governance”. Dalam pameran trdapat forum yang akan menghadirkan sejumlah pembicara dari kementerian/lembaga terkait pembangunan smart city di Indonesia. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung penuh penyelenggaraan IISMEX Jakarta 2019.

Kasubdit Peningkatan Kapasitas Daerah, Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Gensly, mengatakan IISMEX merupakan forum yang tepat untuk menghadirkan solusi permasalahan perkotaan yang ada. “Forum ini sangat tepat, dan akan menjadi pencerahan terkait era digitalisasi. Karena Presiden sedang menggencarkan Dilan (Digital Melayani). Artinya, semuanya sudah smart city. Makanya, kami mendukung IISMEX ini,” kata Gensly.

Kegiatan ini juga dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kominfo Rudiantara dan para kepala daerah se-Indonesia. Beberapa kepala daerah dari Sultra selain Gubernur adalah Wali Kota Baubau AS Tamrin, Bupati Buton La Bakry, dan lainnya. Acara juga dimeriahkan dengan Pameran Teknologi Industri Terbesar dan Terlengkap di Indonesia. (b/lyn/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy