Sidang Perdana Sengketa Pileg Dimulai 11 Juli, Golkar Berpeluang Rebut Kursi DPRD Sultra – Kendari Pos
Politik

Sidang Perdana Sengketa Pileg Dimulai 11 Juli, Golkar Berpeluang Rebut Kursi DPRD Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Sidang pendahuluan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) legislatif 2019 nampaknya akan berlangsung sengit. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), Partai Golongan Karya (Golkar) adalah salah satu yang mengajukan gugatan. Dalam pokok perkara, Golkar menggugat hasil Pemilu DPRD provinsi daerah pemilihan (Dapil) Sultra V yang meliputi Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka Timur (Koltim).

Menurut pihak Golkar, ada kenaikan perolehan suara Partai Gerindra pada saat pleno rekapitulasi tingkat provinsi dibanding perolehan suara berdasarkan formulir C1 yang tersebar di 12 kecamatan. Akibatnya, akumulasi perolehan suara partai dan calon anggota legislatif (Caleg) Partai Gerindra menjadi lebih besar dibanding angka pembagi tiga Partai Golkar dalam memperebutkan kursi kesembilan DPRD Dapil Sultra V. “Sehingga, Golkar kehilangan satu kursi yang seharusnya itu ada dua,” ungkap Sekretaris DPD Golkar Sultra, Muhammad Basri saat dihubungi, Senin (8/7).

Dari penelusuran yang ada dalam data perolehan suara kedua Parpol tersebut pada formulir DC1-DPRD provinsi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra diketahui, akumulasi perolehan suara Partai Golkar di Dapil Sultra V sebanyak 46.614 suara sedangkan Partai Gerindra 15.632 suara. Setelah suara Golkar dibagi dengan angka tiga untuk memperoleh kursi ke sembilan, maka hasilnya adalah 15.538 suara. Artinya, berdasarkan hasil pleno KPU Sultra, Gerindra unggul 94 suara dari Partai Golkar.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy