Siapkan 420 Kursi, IAIN Kendari Buka Jalur Mandiri – Kendari Pos
Edukasi

Siapkan 420 Kursi, IAIN Kendari Buka Jalur Mandiri

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag., saat meninjau proses ujian masuk calon mahasiswa baru, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kembali memberikan kesempatan pada lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan di kampus biru tersebut. Kali ini jalur yang dibuka melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri yang dibuka sejak 19 Mei-17 Juni 2019.

Wakil Rektor I IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M. Ag., mengatakan jalur PMB Mandiri merupakan jalur terakhir untuk masuk ke IAIN Kendari. Sebelumnya, kampus keagamaan tersebut, sudah membuka jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). “Untuk jalur mandiri ini, IAIN Kendari menyediakan 420 kursi,” jelasnya Pos, Rabu (3/7).

Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri merupakan jalur yang diadakan secara khusus oleh IAIN Kendari, dengan tujuan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikanya di kampus pimpinan Prof, Dr. Faizah Binti Awad tersebut. “Jalur mandiri ini merupakan jalur alternatif bagi CMB yang tidak lulus seleksi SPAN-PTKIN atau UM -PTKIN,” terangnya.

Lanjut Husain, untuk tes masuk jalur mandiri akan dilaksanakan pada 18 Juli dan pengumuman dilaksanakan pada 23 Juli 2019. “Kuota penerimaan jalur mandiri tahun ini kita tambah sebesar 5 persen. Tahun lalu kuota yang kita sediakan hanya 320 kursi, tahun ini meningkat menjadi 420 kursi,” imbuhnya.

Ketua Panlok IAIN Kendari ini menambahkan, dari ketiga jalur penerimaan mahasiswa tersebut, tahun ini IAIN Kendari menerima sekitar 1.600 mahasiswa baru. Peningkatan kuota CMB angkatan 2019 tersebut seiring dengan bertambahnya kualitas institusi baik pada bidang tenaga pengajar, fasilitas maupun akreditasi. “Saat ini, CMB yang sudah terdaftar dan berhasil lolos di IAIN Kendari kurang lebih 1000 CMB,” katanya.

Lanjutnya, dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa IAIN Kendari yang cukup signifikan beberapa tahun terakhir, merupakan hasil dari kerja keras Institusi dalam memberikan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di IAIN Kendari. “Alhamdulillah, baru-baru ini, kami baru saja kembali menambah tenaga dosen dilingkup IAIN Kendari sebanyak 34 tenaga pendidik baru,” ucapnya dosen Ekonomi Kebanksentralan tersebut.

Ia juga menambahkan, peningkatan jumlah mahasiswa dikampus biru tersebut selaras dengan target IAIN Kendari yang akan mengalami pengalihan status dari Institut menuju Universitas pada tahun 2027 mendatang. “Kami optimis IAIN Kendari akan secepatnya menjadi UIN, pasalnya, salah satu syarat institusi jika inggin menjadi UIN yakni, harus memiliki kurang lebi 6000-10.000 mahasiswa, dan IAIN Kendari sudah mencapai taget tersebut,” pungkasnya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy