Sengketa Pileg Dimulai Besok, Komposisi Suara Masih Bisa Berubah – Kendari Pos
Nasional

Sengketa Pileg Dimulai Besok, Komposisi Suara Masih Bisa Berubah

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyerahkan jawaban atas dalil permohonan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2019 ke Mahakamah Konstitusi (MK). Jadwal sidang perdana dengan agenda pendahuluan akan dimulai, Selasa (9/7) besok. Untuk sengketa Pileg asal Sultra, mendapatkan jadwal hari ketiga atau Kamis, 11 Juli 2019.

Sengketa Pileg Sultra akan menjalani sidang bersamaan dengan delapan 8 provinsi lain. Yakni, Sumatera Utara, Maluku, Sumatera Barat, Gorontalo, DI Yogyakarta, Papua Barat, Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur. Dalam proses persidangan nanti, semua pihak terkait bakal diberi kesempatan menyampaikan argumentasinya. Putusan MK bisa saja menolak atau menerima.

Informasi itu disampaikan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik. Dia mengungkapkan, penyusunan jawaban maupun alat bukti sudah selesai dan sudah diserahkan ke MK. “Sekarang kami tinggal menunggu sidang saja,” ujar Evi Novida saat dihubungi dari Jakarta, kemarin. Dia menambahkan, proses persidangan akan digelar selama empat hari, dengan pengelompokan yang telah dijadwalkan oleh MK.

“Berdasarkan informasi MK, jadwal sidang pendahuluan pada Selasa besok diperuntukkan bagi lima provinsi. Yakni Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku Utara dan Papua,” jelasnya. Lanjut Evi, untuk kelompok kedua ada sembilan provinsi. Yakni Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, Lampung, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan pada kelompok ketiga, ada Sumatera Utara, Maluku, Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, DI Yogyakarta, Papua Barat, Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur. “Terakhir, Jumat (12/6), MK menggelar sidang untuk 11 provinsi, yakni Jambi, Kalimantan Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Riau dan Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Lebih jauh Evi menjelaskan, putusan MK bisa saja mempengaruhi hasil Pileg sebelumnya. Jika bisa dibuktikan saat persidangan nanti. “Apapun bisa terjadi. Tergantung fakta-fakta persidangan nanti. Pastinya, kami sudah menyiapkan semua alat bukti yang dibutuhkan,” tegasnya. Pakar Komunikasi Politik Sultra, Muh Najib Husain menilai, hasil sidang MK akan turut menentukan nasib aleg terpilih. Sebab, kalau gugatan diterima, maka bisa saja komposisi berubah. “Kalau data-data yang disajikan pemohon lengkap dan bisa dipertanggung jawabkan, bisa saja perolehan suara berubah. Semua masih bisa terjadi,” katanya.

MK juga lanjut dia, bisa saja memutuskan ada pemilihan suara ulang (PSU). Meski tidak semua tempat pemungutan suara (TPS), namun sedikit banyak bisa mempengaruhi perolehan suara. “Makanya, tinggal dilihat saja, siapa yang punya data lengkap dan bisa meyakinkan hakim MK,” jelasnya. Dihubungi terpisah, Juru Bicara MK, Fajar Laksono membenarkan, proses persidangan pendahuluan akan segera digelar. Sengketa yang akan ditangani sudah dibagi menjadi beberapa kelompok yang nantinya akan disidangkan dalam bentuk panel yang sudah dibagi sebelumnya.

“Akan sesuai jadwal. Semua akan berjalan seperti biasa. Sama seperti Presiden, namun perbedaanya untuk Pileg dengan jumlah yang sangat banyak. Untuk efektifitas, digunakan sistem panel dalam pemeriksaannya. Namun dalam putusannya nanti sama seperti sengketa Pilpres,” terangnya, kemarin.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib menegaskan, sudah siap menghadapi sengketa Pilpres. Ada sepuluh lebih PHP dari Sultra yang masuk MK. “Kami sudah sangat siap menghadapi sidang sengketa di MK,” ujarnya. Kata dia, ada beberapa hal mesti disiapkan kalau kasus sengketa dinyatakan lanjut ke persidangan (tercatat di BRPK). Yakni, menyusun kronologis, menyusun daftar alat bukti, dan menyiapkan alat bukti. “Bukti yang dikumpulkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota sudah kami teruskan ke KPU RI,” imbuhnya. (b/m7/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy