Sektor Pajak Masih Dominasi PAD Kendari, Realisasi Semester I Rp 50 Miliar – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Sektor Pajak Masih Dominasi PAD Kendari, Realisasi Semester I Rp 50 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor Perpajakan rupanya masih menjadi sektor andalan bagi Pemerintah Kota Kendari dalam mengumpulkan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu diungkapkan Plt. Kepala Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Susanti, saat ditemui Kendari Pos, Senin (22/7). “Kami sudah targetkan PAD Kota Kendari tahun ini sebesar Rp 500 miliar. Yang terealisasi baru sekitar Rp 98 miliar atau sekitar 18,41 persen dan sekitar Rp 50 miliar atau sebesar 46,01 persen itu berasal dari sektor pendapatan pajak daerah,” ungkap Susanti.

Susanti optimis, sampai dengan akhir tahun nanti, pihaknya akan mencapai target PAD yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Bank Sultra dalam pengadaan alat perekam pajak. “Nantinya alat ini akan merekam pembayaran pajak dari konsumen ke daerah, sepertu pajak rumah makan, restoran dan perhotelan sebesar 10 persen dan pajak hiburan sebesar 25 persen. Itu wajib dibayarkan konsumen bukan wajib pajak (pengusaha),” bebernya.

Selain dari sektor pendapatan pajak daerah, PAD Kota Kendari juga mendapat sumbangsi sebesar Rp 7,3 miliar dari sektor pendapatan retribusi daerah, kemudian sebesar Rp 5,3 miliar dari sektor pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan serta Rp 31 miliar dari lain-lain PAD yang sah.

Lebih lanjut, pihaknya akan optimalkan pendapatan asli daerah melalui 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima terutama sektor perpajakan yang selama ini masih jadi sumber pendapatan Kota Kendari, “Bukan hanya pemerintah saja, masyarakar juga sebenarnya harus paham dengan kewajibannya seperti wajib bayar pajak makanan dan minuman yang ia konsumsi, pajak bumi dan bangunan (PBB) dan masih banyak lagi. Toh PAD nanti juga akan dikembalikan kepada mereka, melalui pembangunan, bantuan pendidikan, kesehatan dan masih banyak manfaat lagi,” tandasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy