Sebaran ASN tak Merata, Pemkot Baubau Akan Tata Organisasi Pegawai OPD – Kendari Pos
Bau-bau

Sebaran ASN tak Merata, Pemkot Baubau Akan Tata Organisasi Pegawai OPD

KENDARIPOS.CO.ID — Sebaran pegawai di Kota Baubau belum sepenuhnya merata. Masih ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kekurangan pegawai. Sebaliknya struktur pegawai pada OPD lain justru gemuk. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau berencana untuk melakukan penataan organisasi kepegawaian.

Ilustrasi pegawai

“Kita akan menutup sementara keran pindah masuk dan pindah keluar agar tidak ada pergeseran pegawai. Karena kita akan menata organisasi kepegawaian untuk menyeimbangkan sebaran pegawai. Seperti Dinas Perpustakaan untuk seksi pengembangan koleksi. Sesuai analisis jabatan (Anjab), seharusnya ada tiga staf pada seksi itu. Tapi faktanya tidak ada,” kata Samiun, Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kota Baubau, kepada Kendari Pos.

Saat ini, berkas analisis jabatan Anjab telah disusun dan tengah digodok di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). “Pada dasarnya, Anjab itu sudah disepakati. Berita acaranya sudah ditanda tangani Sekda Kota Baubau dan Kepala BKPSDM Baubau di Manado beberapa hari lalu. Hanya bentuk fisiknya belum diberikan. Mudah-mudahan satu dua hari sudah ada,” terang Samiun.

Kata dia, Anjab itu menjadi dasar dalam melihat kebutuhan dan ketersedian pegawai pada seluruh OPD. Sekaligus dasar untuk melakukan analisis beban kerja. Sehingga penataan organisasi kepegawaian dapat dilakukan sesuai prosedur. “Kalau anjabnya sudah keluar, kita mengisi nama-nama pegawai dimasing-masing instansi sesuai kebutuhan yang diperlukan. Kita pindahkan secara bertahap,” imbuh Samiun. Dengan begitu beban kerja suatu pekerjaan bisa diketahui. Misalnya apakah membutuhkan lima pegawai atau bisa dikerjakan oleh satu pegawai saja. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy