Satgas TMMD 105 Kodim Muna Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV AIDS di Lemo Butur – Kendari Pos
Buton Utara

Satgas TMMD 105 Kodim Muna Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV AIDS di Lemo Butur

KENDARIPOS.CO.ID — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1416/Muna pada sektor non fisik patut diapresiasi. Bersama Polres Muna dan Dinas Kesehatan Buton Utara, Satgas TMMD menggelar penyuluhan terkait bahaya narkoba dan penyakit fiHIV AIDS di Kelurahan Lemo Kecamatan Kulisusu, Butur.

Suasana penyuluhan narkoba di Aula Kelurahn Lemo.

Pada penyuluhan narkoba, Pasiter Satgas TMMD 105 Kapten Inf Hamlis S.H. S.Sos, mengatakan penyuluhan anti narkoba merupakan program kerja sasaran non fisik TMMD KE-105 dan dalam upaya bersama mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Kita menghadirkan menghadirkan narasumber dari Polres Muna, dan mendapat antusias masyarakat untuk mengikutinya dengan jumlah yang hadir sangat banyak, mencapai ratusan orang,” katanya.

Ia menuturkan, penyuluhan ini perlu dilakukan karena bahaya narkoba sangat besar bagi masyarakat. Tujuannya memberikan pengetahuan untuk menjauhi narkoba, serta menjadi pelopor dalam ppemberantasn dan tidak terjerumus mengkonsumsi narkoba. “Disini disampaikan ke warga soal hukuman berat bagi pengedar, pemakai juga bandar narkoba,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatres Narkoba Polres Muna AKP Syarifuddin, menjelaskan tentang pengertian narkoba, golongan, dampak serta trik menjauhi agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan obat terlarang.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjauhi segala jenis narkoba, apalagi para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa,” katanya, saat memberikan materi, bertempat di Aula Kelurahan Lemo.

Ia juga membeberkan dampak negatif yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda diantaranya, perubahan dalam sikap dan kepribadian, menjadi mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk dan malas, tidak memperdulikan kesehatan bahkan bila sudah kecanduan akan melakukan tindak pidana untuk membeli narkoba.

“Penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggung jawab Polri saja tetapi tanggungjawab semua pihak, termasuk orangtua bersama keluarga, guru dan seluruh masyarakat,” cetusnya.

“Tak kalah penting adalah dengan memberikan pendidikan moral dan keagamaan, karena salah satu penyebab generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba yaitu kurangnya pendidikan moral dan keagamaan,” sambungnya.

Penyuluhan bahaya HIV AIDS

Sementara dalam penyuluhan HIV AIDS, Anggota Satgas TMMD Serma Salam menuturkan, HIV AIDS merupakan penyakit yang berbahaya, sudah ribuan orang di muka bumi ini meninggal sia-sia akibat terkena penyakit menular tersebut. “Kita bisa cegah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Harus setia dengan istri dan menggunakan alat pengaman,”terangnya.

Ia berharap pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan kembali kepada keluarga terdekat maupun masyarakat lainnya sehingga bisa membiasakan perilaku hidup sehat. (had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top