Sambut HPS, Pemkab Konsel Matangkan Kesiapan – Kendari Pos
Konawe Selatan

Sambut HPS, Pemkab Konsel Matangkan Kesiapan

Hari Pangan Sedunia

KENDARIPOS.CO.ID — Konawe Selatan (Konsel) menjadi salah satu lokasi titik panen raya dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) yang terpusat di Sultra. Jika tak ada aral, event nasional itu akan dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo dan sejumlah pejabat utama dari kementerian.Untuk mensukseskan agenda itu, Kabupaten Konsel mulai persiapan. Khususnya di tempat yang menjadi titik lokasi kegiatan yakni di Desa Pudambu, Kecamatan Angata.

Plt. Kepala Dinas Pertanian (Distan) Konsel, Nana Sudarna mengungkapkan panen raya kakao akan dipusatkan di Desa Pudambu. Saat ini, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah penunjang utama untuk mensukseskan kegiatan itu. Salah satunya berkoordinasi dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sultra.

“Semua penyuluh kita gerakan di Angata untuk mulai pemangkasan. Dengan begitu, kakao yang ada di sana itu sudah siap panen pada tanggal 10 Oktober nanti. Semoga tidak ada kendala. Bupati Konsel sebagai koordinator kegiatan panen raya telah meminta kita untuk intesifkan persiapan,” ungkapnya.

Selain itu, perbaikan jalan yang akan dilalui rombongan pelaksanaan HPS untuk panen raya kakao dan gelar tekhnologi. “Persiapan lain yang dilakukan adalah perbaikan jalan. Seperti jalur dari bandara sampai Angata. Kita kerjasama dengan dinas PU” jelasnya.

Sementara untuk kesiapan tanaman kakao sudah di atas 50 persen dari 812 hektar kebun kakao di kecamatan Angata. Namun untuk lokasi kegiatan, ada sekitar 15 hektar yang dirawat khusus untuk persiapan pemanenan. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top