Salurkan Dana CSR Rp 741 Juta, Pemprov Sultra Apresiasi Kontribusi PLN – Kendari Pos
Metro Kendari

Salurkan Dana CSR Rp 741 Juta, Pemprov Sultra Apresiasi Kontribusi PLN

KENDARIPOS.CO.ID — PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi UPDK Kendari menyalurkan bantuan dalam bentuk corporate social responsibility (CSR) sebesar Rp 741 juta ke beberapa penerima di Sulawesi Tenggara (Sultra). Penyaluran bantuan tersebut dilakukan secara simbolis kepada 12 penerima di Kantor PLN UPDK Kendari, Kamis (18/7). General Manager PLN UIKL Sulawesi, Suroso Isnandar, mengatakan, pertanggungjawaban sosial perusahaan atau CSR merupakan salah satu bukti keseriusan PLN dalam memberikan tanggung jawab moril kepada masyarakat. Menurutnya, hidup berdampingan dengan masyarakat, mutlak membutuhkan keharmonisan. “Untuk mewujudkan itu, kami menilai CSR dapat menjadi pendekatan yang sangat efektif,” ujar Suroso, kemarin.

Ia menyadari, kerja keras PLN dalam menerangi Sultra tidak akan mampu dilakukan sendiri. Perlu ada kepercayaan masyarakat dan pemerintah kepada perusahaan. Sehingga, perusahaan tidak boleh lagi memandang CSR hanya sebagai sedekah (charity) semata. CSR harus lebih dititikberatkan pada penguatan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks yang lebih luas agar mampu menjawab kebutuhan ril masyarakat. CSR tidak boleh lagi dipandang hanya dari sisi bisnis saja oleh perusahaan. Masyarakatlah yang harus aktif berperan dalam mengembangkan kelompok mereka. “Inilah sebenarnya kunci kesuksesan dari program CSR,” jelasnya.

Pj Sekretaris Provinsi Sultra, La Ode Mustari yang turut hadir mengatakan, banyak aspek pembangunan di Sultra yang belum tersentuh oleh dana pembangunan. Dikucurkannya dana CSR oleh PLN, menurut Mustari, secara tidak langsung sangat membantu program pemerintah dalam hal pembangunan. “PLN hadir untuk menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam pengelolaan CSR. Tagline dari PLN yaitu “melayani dengan hati” sangat luar biasa,” puji Mustari menggantikan Gubernur Ali Mazi yang saat itu berhalangan hadir.

Ia juga menyinggung beberapa perusahaan yang memiliki sumber daya yang cukup namun enggan melaksanakan CSR padahal. Ia berharap entitas-entitas yang “agak nakal” itu agar ke depannya bisa lebih bertanggung jawab. “Mewakili pemerintah daerah, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi PLN bagi masyarakat Sultra,” pungkas Mustari.

Sementara itu, Deputi Manager Administrasi dan Umum PLN UIKL Sulawesi, Tasman Yunus, mengatakan, pihaknya melakukan survei terlebih dulu sebelum memilih penerima. “Kami perlu mengenali kebutuhan masyarakat terutama yang terdekat dengan lingkungan instalasi kami,” ujar Tasman. Bantuan yang disalurkan melalui CSR tersebut berupa bantuan untuk pembangunan dan renovasi sarana ibadah, sarana pendidikan, sarana air bersih, pembuatan tempat sampah, dan bantuan bibit kepada kelompok-kelompok tani. Penerimanya tersebar di 12 titik. Tidak hanya di Kota Kendari melainkan juga di beberapa daerah di Sultra seperti Konawe, Kolaka, Sabolambo hingga Bau-bau.

Tasman menguraikan, dana ratusan juta itu akan digunakan untuk pembangunan dan renovasi sejumlah sarana ibadah meliputi Masjid Salsabilah Muhtadiin Kejaksaan Tinggi Kota Kendari, Masjid Al-Amin Polda Sultra, Masjid Nurul Hidayah Desa Lalombaa Kabupaten Kolaka, Masjid Babussalam Kelurahan Kadolomoko Kota Bau-bau, Masjid Nurul Taqwa Lambuya Kabupaten Konawe, serta Gereja Katolik Paroki St. Clemens Kecamatan Mandonga Kendari.

Selain itu, ada bantuan untuk rehabilitasi PAUD Anak Bangsa Pertiwi di Kecamatan Poasia Kota Kendari, bibit tanaman kelompok tani KM 16 Kelurahan Sabilambo Kolaka, pembuatan tempat sampah Kelurahan Wua-wua Kendari, pembangunan sarana air bersih masyarakat KM 16 Kelurahan Sabilambo, renovasi Pasraman Mahadewa Kolaka, serta pengadaan alat pendidikan anak berkebutuhan khusus PK-LK Kelurahan Balandete Kolaka. “PLN UIKL Sulawesi khususnya UPDK Kendari berkomitmen untuk melaksanakan CSR setiap tahun dan menjangkau lebih banyak penerima,” janjinya. (b/m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy