Bombana

Redam Kecurangan, Petani Bombana Dibekali Kartu Petani

KENDARIPOS.CO.ID — Pupuk bersubsidi berpotensi disalurkan tidak tepat sasaran oknum tak bertanggungjawab. Potensi itu muncul apabila
pengambilan pupuk oleh petani tidak tertib. Dinas Pertanian (Distan) Bombana punya cara cerdas untuk mengantisipasi potensi curang itu.
Agar tertib pupuk, para petani dibekali Kartu Petani (Kartini). Bentuknya mirip kartu ATM. Dalam program ini, Distan Bombana menjalin kerja sama Kepolisian, Kejaksaan dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) sehingga dipastikan distribusi pupuk tepat sasaran.

Kepala Distan Bombana, Ir Hj Andi Nur Alam.

Kepala Distan Bombana, Ir Hj Andi Nur Alam menjelaskan kartu ini nantinya digunakan untuk petani dalam pengambilan pupuk bersubsidi. Tujuannya agar penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran. Proses pengawasan pupuk bersubsidi melalui Kartini pun bisa efektif.”Sementara untuk mendapatkan Kartini itu, petani cukup menyetor KTP dan Kartu Keluarga (KK). Selanjutnya pihak bank akan memproses data-data petani tersebut,” ujar Andi Nur Alam di ruang kerjanya, Rabu (10/7).

Agustus nanti, inovasi Distan Bombana itu akan diluncurkan. 991 petani sudah masuk dalam program Kartini, terutama petani di Kecamatan Rumbia dan Rarowatu. “Dengan adanya Kartini ini, saya pastikan tak ada lagi petani di Bombana yang tidak dapat pupuk bersubsidi,” tegas Andi Nur Alam. Distan Bombana bakal menggandeng distributor pupuk. Mereka telah dibekali dokumen Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK). “Dalam RDKK itu sudah tercantum nama-nama petani. Bagi petani yang tidak tercatat dalam RDKK secara otomatis tidak bisa mendapatkan pupuk bersubsidi,” tutup Andi Nur Alam. (kmr/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy