Ratusan Mahasiswa Antropologi UHO Kuliah Lapangan di Wawonii Barat – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Ratusan Mahasiswa Antropologi UHO Kuliah Lapangan di Wawonii Barat

KENDARIPOS.CO.ID — 150 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo Kendari, melaksanakan praktek kuliah lapangan (PKL) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Ratusan mahasiswa Jurusan Antropologi itu tersebar pada 11 Desa di Kecamatan Wawonii Barat.

Mahasiswa Antropologi UHO saat tiba di Konkep.

Ketua Jurusan Antropologi FIB UHO, La Ode Topo Jers mengatakan kuliah lapangan ini, salah satu yang tugas wajib dilakukan dalam menghadapi studi akhir dan salah satu bagian dari aktivitas tridarma perguruan tinggi UHO. “Ada 150 mahasiswa yang yang melaksanakan PKL di Pulau Wawonii. Mereka ditugaskan untuk mengumpul data tentang sosial budaya, foklor dan etnografi di Konkep,” kata La Ode Topo Jers saat ditemui Sabtu (19/7).

Kata dia, PKL yang dilakukan juga sebagai salah satu wujud komitmen antara mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Antropologi FIB UHO yang handal. “Kami berharap dengan PKL ini, alumni Antropologi UHO bisa bersaing dengan alumni-alumni perguruan tingi lainya,” jelasnya.

Lebih lanjut anggota senat UHO perwakilan Antropologi yang baru saja terpilih itu menuturkan, selain melakukan kuliah lapangan, 150 mahasiswanya ditambah 14 dosen pendamping juga melakukan sosialisasi di masyarakat dan sekolah-sekolah di wilayah Wawonii Barat. “Kami juga sosialisasi pengenalan jurusan Antropologi FIB UHO di masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu salah satu Kepala Desa (Kades) di Konkep Kades Langkowala, Arni Yunus, menyambut baik kehadiran mahasiswa Antropologi yang melaksanakan PKL di desanya. Ia meminta agar waktu pelaksanaan kuliah lapangan bisa diperpanjang. “Penerimaan masyarakat dengan kehadiran mahasiswa juga diapresiasi. Apa yang menjadi kebutuhan mahasiswa saat mengumpul data di lapangan sangat direspon oleh warga,” ujarnya.(san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top