Ratusan Keluhan Masuk E-Humas Pemkot : Sampah, Drainase dan Begal Mendominasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Ratusan Keluhan Masuk E-Humas Pemkot : Sampah, Drainase dan Begal Mendominasi

KENDARIPOS.CO.ID — Layanan pengaduan publik berbasis digital, Humas Elektronik (E-humas) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah beroperasi selama 4 bulan. Sejak dilaunching, Februari lalu, ratusan keluhan warga metro telah masuk aplikasi E-humas.

Astibar Karu

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemkot Kendari, Astibar Karu mengatakan, sebulan pasca launching, aplikasi e-humas menerima 30 aduan masyarakat. Adapun untuk interval April-Juni, sambungnya, 80 aduan masyarakat masuk di aplikasi tersebut. “Jadi selama empat bulan operasionalnya, total yang masuk itu mencapai seratusan lebih aduan,” ujar Astibar Karu saat dihubungi.

Khusus interval April-Juni 2019, Astibar menjelaskan, keluhan yang masuk E-Humas didominasi oleh isu pengelolaan sampah yang ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan (DLHK) Kota Kendari. Total aduan mencapai 15. Ditempat kedua keluhan terbanyak, diisi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kaitannya dengan buruknya infrastruktur jalan dan drainase sebanyak 13 aduan.

“Menyusul Satpol-PP Kendari sekira 10 aduan mengenai lapak-lapak liar, termasuk persoalan begal yang belakangan terjadi di Kendari. Selanjutnya, 8 aduan terkait lambannya pelayanan di Disdukcapil Kendari. Yang jelas, dari 32 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), semuanya hampir mendapat sorotan dari warga Kendari,” rincinya.

Astibar menambahkan, semua keluhan yang masuk lewat E-Humas, akan langsung diteruskan ke admin OPD yang bersangkutan supaya ditindaklanjuti oleh pimpinan OPD-nya. “Andaikan tak direspon selama 1×24 jam, saya tak segan untuk menegur bahkan mempressure admin di OPD tersebut. Namun sejauh, setiap aduan yang masuk ke E-Humas selalu mendapat “fast responsed” ketika diteruskan ke admin setiap OPD,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sambil menerima aduan, pihaknya juga terus memperbarui kekurangan yang terdapat dalam aplikasi E-Humas. Entah itu sistem, teknis atau regulasinya. Kedepan kita berharap, aplikasi ini mampu menjadi salah satu pioneer dalam mewujudkan visi misi Kota Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy