Ratusan Hektare Sawah Tidak Produktif di Konkep – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Ratusan Hektare Sawah Tidak Produktif di Konkep

KENDARIPOS.CO.ID — Misi Dinas Pertanian (Distan) Konawe Kepulauan (Konkep) mewujudkan swasembada beras tahun 2021 sepertinya sulit direalisasikan. 600 hektare sawah yang dicetak sejak 2016 hingga 2017, tidak semua produktif. Masih ada 100 hektare sawah belum produktif. 100-an hektare sawah itu tersebar di Wawouso, Kecamatan Wawonii Selatan dan Wawonii Tenggara.

Tak sedikit duit negara habis untuk mencetak sawah. Dari 600 hektare sawah yang dicetak di Kabupaten Konkep, sekira 100 hektare tidak produktif. Tampak salah seorang petani di Wungkolo, Wawonii Selatan memanen padi miliknya.

Distan Konkep punya argumen terkait belum produktifnya sawah yang sudah dicetak menggunakan uang negara itu. “Baru 500 hektare sawah yang dapat kita olah. 100 hektarenya belum berproduksi karena petani belum siap,” kata Kepala Distan Konkep, H. Tahrir di ruang kerjanya, Kamis (25/7).

Dua tahun terakhir, Distan Konkep tidak lagi menganggarkan percetakan sawah. Selain kurangnya kesiapan petani, lokasi persawahan juga masuk dalah status kawasan hutan. Meski masih ada sawah yang belum produktif, namun Tahrir puas produksi petani di 500 hektare sawah yang sudah dicetak. “Petani panen dua hingga tiga kali setahun. Kalau yang masih satu kali panen, kendalanya di suplai air dan bibit. Tahun ini kami mendapatkan bantuan 150 ton pupuk bersubsidi,” kata mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Konkep itu. (san/b)


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top