Ratusan Calon Haji Lima Kabupaten di Sultra Menuju Embarkasi – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

Ratusan Calon Haji Lima Kabupaten di Sultra Menuju Embarkasi

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan calon haji di lima kabupaten tertolak menuju Embarkasi. Seremoni pelepasan calon haji dilakukan Bupati Butur, Bupati Koltim, Buton Tengah (Buteng), Wakil Bupati Buton, dan Bupati Wakatobi. Calon haji Koltim yang terbanyak dilepas Bupati Tony Herbiansyah yang berjumlah 126 orang. Lalu, calon haji Wakatobi sekira 101 orang, disusul calon haji Buteng sekira 40 orang, calon haji Butur sekira 16 orang dan calon haji Buton sekira 15 orang. Totalnya 298 calon haji. Mereka dilepas dengan rasa haru oleh keluarganya.

Beragam pesan disampaikan para kepala daerah kepada calon haji. Mulai menjaga kesehatan, pola makan, fokus menjalankan ibadah haji selama berada di Tanah Suci hingga permintaan memanjatkan doa untuk daerah. “Silakan persiapkan bekal sebaik-baiknya, baik fisik, psikis, pengetahuan seputar ibadah haji, keuangan dan sebagainya,” ujar Bupati Butur, Abu Hasan dalam seremoni pelepasan yang dihadiri keluarga calon haji di Masjid At Taufik, Senin (22/7).

Abu Hasan berpesan kepada para calon jamaah haji agar tertib ibadah dan jaga kesehatan selama di Makkah. “Pelaksanaan ibadah haji memang cukup berat. Harus menjaga kesehatan, kekuatan, fisik maupun mental, serta memperbanyak ibadah,” imbaunya. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah mengingatkan calon haji untuk bersihkan niat, ikhlas, kompak dan jaga kesehatan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. Mantan Wakil Bupati Konawe itu menitip doa agar calon haji Kabupaten Koltim terhindar dari musibah dan pelaksanaan Pilkada 2020 aman dan lancar.
“Jaga kondisi fisik. Apalagi cuaca di Makkah cukup tinggi. Kesehatan individu harus selalu terjaga dengan baik,” ujar Tony Herbiansyah, Senin (22/7).

Pemkab Koltim menyiapkan biaya transportasi lokal sebesar Rp100 juta untuk 126 calon haji. “Sekali lagi saya minta doakan Koltim terhindar dari bencana. Doakan Pilkada 2020 aman dan tentram. Saya doakan jamaah menjadi haji mabrur dan kembali ke koltim dalam keadaan selamat,” tutup Tony Herbiansyah.

Ditempat terpisah, Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin melepas 40 calon haji di Masjid Raya Lakudo. “Saya berharap seluruh calon haji menjalankan ibadah haji dengan khusyuk tanpa ada kendala,” ujar
Samahuddin, Senin (22/7). Samahuddin mengingatkan agar calon haji tidak luput untuk berkoordinasi dengan petugas kesehatan agar potensi gangguna kesehatan segera diantisipasi. Samahuddin berpesan agar keluarga senantiasa mendoakan keselamatan calon haji.

Pemkab Buton juga menggelar pelepasan calon haji. Sekira 15 jamaah dilepas Wakil Bupati Buton, Iis Elianti yang dihadiri Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton, Mukhtar. “Calon haji asal Buton masuk di kloter 25 yang akan diberangkatkan bersamaan calon haji dari Kota Kendari, Wakatobi, Konkep, Baubau, Buton Selatan, dan Buton Tengah,” ujar Mukhtar, Senin (22/7). Calon haji tertua berusia 89 tahun dan termuda berusia 32 tahun. Belasan calon haji itu berasal dari Kecamatan Pasarwajo, Kapontori dan Siotapina.

Sebelumnya, Bupati Wakatobi, Arhawi melepas 101 calon haji. Dia berharap seluruh rombongan selalu sehat selama menunaikan ibadah haji. “Dankembali bersama keluarga dalam keadaan selamat tanpa kurang apapun,” ujarnya, Minggu (21/7). Pasangan Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud itu mengingatkan selama berada di Tanah Suci, calon haji harus rajin mengonsumsi minum air putih dan jangan terlalu irit untuk jajan makanan. Untuk makan jangan simpan-simpan uangnya. Pokoknya utamakan keselamatan. Doakan yang terbaik untuk daerah dan negeri kita,” pinta Arhawi. (had/kus/rud/mel/thy/b)

Tamu Allah SWT Menuju Embarkasi

  • Calon haji Koltim berjumlah 126 orang
  • Calon haji Wakatobi sekira 101 orang
  • Calon haji Buteng sekira 40 oran
  • Calon haji Butur sekira 16 orang
  • Calon haji Buton sekira 15 orang

Sumber : Kemenag Kabupaten

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy