Proyek Mangkrak Jembatan Pasar Baru, DPRD : Pembebasan Lahan Harus Dituntaskan – Kendari Pos
Metro Kendari

Proyek Mangkrak Jembatan Pasar Baru, DPRD : Pembebasan Lahan Harus Dituntaskan

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan proyek Jembatan Pasar Baru tak kunjung tuntas. Megaproyek yang menggunakan APBN sebesar Rp 37 miliar itu mangkrak, terkendala pembebasan lahan masyarakat. Sesuai kontrak kerja, proyek itu harusnya tuntas Desember tahun 2017 lalu. Anggota DPRD Sultra memintah Pemperintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk membebaskan lahan warga yang terdampak pembangunan.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sultra, Sukarman Ak mengatakan pihaknya telah menyambangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempertanyakan persoalan yang menghambat pembangunan proyek itu. Katanya, pemerintah pusat berjanji dalam waktu dekat akan fokus menuntaskan proyek jembatan Pasar Baru, termasuk Jembatan Boulevard.

“Dua pekan lalu kita sudah ke Jakarta untuk mempertanyakan hal tersebut. Pemerintah pusat akan konsen untuk menyelesaikan kedua pekerjaan tersebut dalam waktu dekat,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/7). Sukarman mengungkapkan kendala pembangunan jembatan yang membelah sungai Wanggu itu adalah pembebasalan lahan. Makanya persoalan pembebasan lahan harus didiskusikan lagi berasama Pemprov dan Pemkot. Diperlukan inisiasi pemerintah daerah untuk membebaskan lahan. “Artinya lahan warga harus dibebaskan,” terangnya.

Yang jelas, kata dia, Kementerian PUPR berjanji akan mengalokasikan anggaran pembangunan proyek itu melalui APBN Perubahan tahun 2019. “Jadi untuk anggarannya akan dimulai 2019 pada perubahan anggaran. Mungkin juga akan dimasukan dalam APBN 2020 nantinya. Prinsipnya pemerintah pusat konsen untuk merampungkan dua proyek yang sempat mandek tersebut,” katanya. Soal anggaran yang dibutuhkan untuk merampungkan dua proyek itu, politisi PAN ini mengaku tidak mengetahui rincian kebutuhan biaya. “Kalau teknis kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk merampungkan itu saya tidak tahu persisnya. Tapi masyarakat butuh kepastian, bahwa dua proyek tersebut akan segera dirampungkan,” ungkapnya. (yog/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy