Proyek Dana Desa Diduga Fiktif di Konawe, Kerugian Negara Capai Rp900 Juta – Kendari Pos
Konawe

Proyek Dana Desa Diduga Fiktif di Konawe, Kerugian Negara Capai Rp900 Juta

KENDARIPOS. CO.ID — Dana desa (DD) digelontorkan negara untuk pembangunan perdesaan. Tapi itu tidak berlaku di Desa Lasada, Kecamatan Asinua, Konawe. Hampir satu miliar rupiah uang negara yang diperoleh, namun hanya beberapa item pembangunan yang terlihat. Bahkan tidak tuntas. Ada tiga item kegiatan fisik lainnya diduga fiktif. Indikasi itu ditemukan Inspektorat Konawe dan Komisi I DPRD Konawe saat melakukan monitoring evaluasi (Monev) di Desa Lasada. Totalnya ada sembilan item pekerjaan yang digarap menggunakan dana desa. Temuan itu kini dalam pemeriksaan khusus (Pemsus) oleh Inspektorat.

Samsul

Plt. Kepala Inspektorat Konawe, Samsul menjelaskan dari sembilan item pekerjaan yang menggunakan DD di Desa Lasada, ada beberapa yang fiktif, misalnya pembuatan lapangan voli, deker, dan bak penampungan air. Akibat pekerjaan fiktif tersebut, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah, sedangkam sisanya dikerjakan tapi tidak tuntas.

“Nah, karena itu hasil monev kami tingkatkan menjadi pemsus (pemeriksaan khusus). Kerugiaan diduga sekira Rp900 juta, tetapi kami masih mengecek di lapangan bersama Komisi satu DPRD ada beberapa item yang terlaksana walau belum 100 persen, seperti jalan usaha tani,” ungkap Samsul di ruang kerjanya, Rabu (10/7).

Selanjutnya, hasil pemeriksaan itu akan ditindaklanjuti dengan sidang Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Para pihak yang dianggap bertanggung jawab, di waktu 60 hari, atau dua bulan untuk mengembalikan kerugian tersebut. “Kalau dalam 60 hari setelah penandatanganan berita acara, para terduga tidak bisa mengembalikan kerugian, maka kami akan serahkan ke aparat penegak hukum untuk proses hukum selanjutnya,” pungkas Samsul.(hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top