Perjalanan Dinas Pejabat Bebani APBD : Anggaran Dipangkas, Wapres Minta Mendagri Bergerak – Kendari Pos
Nasional

Perjalanan Dinas Pejabat Bebani APBD : Anggaran Dipangkas, Wapres Minta Mendagri Bergerak

Wapres Jusuf Kalla (kiri) saat menggelar pertemuan dengan Mendagri, Tjahjo Kumolo dan sejumlah menteri. Kemarin, dia minta Mendagri bertindak cepat mengurangi perjalanan dinas pejabat yang banyak menguras keuangan daerah.

KENDARIPOS.CO.ID — Besarnya anggaran dinas ke luar kota maupun luar negeri menjadi beban keuangan daerah. Tidak hanya berlaku untuk eksekutif, penyelarasan pun harus dilakukan dilingkaran legislatif di daerah. Ini penting agar tata kelola keuang menjadi lebih efesien dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Perjalanan dinas para pejabat daerah menjadi beban APBD dan APBN selama ini. Kalau efesiensi dilakukan, tentu akan berkurang mengingat defisit kas negara semakin membengkak,” ungkap Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), kemarin. Untuk mengendalikan hal ini, JK meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melakukan efisiensi perjalanan dinas kepala daerah dan pejabat daerah, khususnya ketika menghadiri acara di pusat pemerintahan Jakarta.

“Saya sudah minta, seperti dikatakan Mendagri, nanti acara-acara itu digabung menjadi satu supaya biaya perjalanan bisa dihemat. Negara sekarang banyak defisitnya, jadi perlu dibantu untuk tidak banyak biaya perjalanan dan biaya acara-acara,” terangnya. Selain itu, banyaknya acara di Jakarta yang harus dihadiri kepala daerah dapat menyebabkan jalannya pemerintahan di daerah terganggu. Oleh karena itu, Wapres menyarankan agar Kemendagri dapat mengatur supaya sejumlah acara yang harus dihadiri kepala daerah bisa dilakukan dalam satu kali perjalanan dinas. “Memang bulan-bulan akhir ini terlalu banyak acara, jadi minta maaf mengganggu saudara bupati dan gubernur untuk tidak bekerja optimal di daerah,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy