Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Anggota DPRD Kota Kendari Ditunda – Kendari Pos
Politik

Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Anggota DPRD Kota Kendari Ditunda

Iwan Rompo

KENDARIPOS.CO.ID — Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Kendari hasil Pemilu 2019, ditunda. Sebelumnya diagendakan, rapat digelar Rabu (3/7). Komisioner KPU Kota Kendari, La Ndolili, mengatakan, penundaan tersebut dikarenakan pihaknya belum menerima surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) yang memuat daftar daerah yang mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). “Ya, pleno ditunda sampai diterima BRPK dari MK. Tanpa itu pleno belum bisa dilakukan,” ungkap La Ndolili, kemarin. Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), Iwan Rompo Banne, menyampaikan, tahapan penetapannya dimulai dari MK mengeluarkan BRPK ditujukan kepada KPU RI. Kemudian KPU RI membuat surat yang menerangkan daerah yang terdapat sengketa Pileg atau tidak. “Jika tidak ada sengketanya, maka melaksanakan pleno paling lambat tiga hari setelah BRPK keluar. Namun, BRPK hingga saat ini belum diterima KPU RI,” jelas Iwan Rompo.

Sehubungan dengan hal itu, melalui surat KPU nomor 867 tanggal 24 Mei 2019 dan arahan Pimpinan KPU, maka sepanjang surat mengenai penyampaian daftar daerah yang bersengketa PHPU di MK dan/atau yang tidak bersengketa PHPU di MK belum diterbitkan dan diterima KPU rovinsi/kabupaten/kota, proses penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD tidak dapat dilakukan.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy