Pemkot Luncurkan Aplikasi Jendela Informasi Infrastruktur – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Luncurkan Aplikasi Jendela Informasi Infrastruktur

KENDARIPOS.CO.ID — Senyum Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir merekah saat peluncuran aplikasi program Jendela Informasi Infrastruktur Kota Kendari, Senin (1/7) di Restoran Fajar. Program berbasis digital yang digagas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kendari tersebut memudahkan publik memperoleh informasi terkait pengelolaan infrastruktur.

Wali Kota Kendari Sulkarnain (dua dari kanan), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kendari Hj. Erlis Sadya Kencana (kanan), Asisten I Pemkot Kendari Makmur (dua dari kiri), Asisten III Pemkot Kendari Agus Salim Safrullah (kiri) bersama melakukan launching jendela informasi infrastruktur Kota Kendari.

“Informasi yang cepat dan detail mengenai infrastruktur sangat dibutuhkan masyarakat. Aplikasi ini mampu menjadi pusat penyedia informasi infrastruktur di Kendari. Jadi, calon investor atau masyarakat umum lebih mudah mengaksesnya. Sebab, cukup mendownload aplikasinya di smartphone,” ujar Sulkarnain Kadir.

Seiring kemajuan zaman, kata politisi PKS itu, berbagai kebijakan yang dicetuskan Pemkot Kendari harus sudah terintegrasi dengan aplikasi digital. Sebab itu, Sulkarnain mendukung penuh program inovasi yang ditelorkan oleh Dinas PUPR Kota Kendari tersebut.

“Selama itu baik, saya dukung setiap program yang dijalankan oleh masing-masing instansi. Alhamdulillah ada gebrakan baru dari Dinas PUPR Kendari. Saya harap aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, menjelaskan program aplikasi ini digagas untuk memudahkan warga metro memperoleh informasi mengenai infrastruktur. Nantinya, implementasi aplikasi tersebut lanjut Erlis, data infrastruktur dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan terintegrasi secara otomatis ke Dinas PUPR Kota Kendari selaku induk pengelola Jendela Informasi Infrastruktur. “Siapapun bisa melihat sejauh mana progres pengerjaan infrastruktur yang dilakukan Pemkot Kendari lewat android,” terang Erlis Sadya Kencana.

Mantan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kendari itu menambahkan, aplikasi yang telah dilaunching kemarin selaras dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 9 tahun 2016 Mengenai Kebijakan Satu Peta. Dengan aplikasi itu, siapa pun bisa tahu di mana titik koordinat pengerjaan infrastruktur, volume pengerjaan, estimasi biaya serta update mengenai kondisi pembangunan infrastruktur di Kendari. “Aplikasi ini juga dapat dijadikan dasar bagi Pemkot Kendari guna pengambilan kebijakan kedepannya. Mudah-mudahan, program ini bisa menjadi salah satu pioneer dalam mewujudkan visi misi kota Kendari,” pinta Erlis. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy