Pemkab Mubar Tertibkan Peredaran Miras – Kendari Pos
Aneka

Pemkab Mubar Tertibkan Peredaran Miras

KENDARIPOS.CO.ID — Peredaran minuman keras (Miras) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) selama ini rupanya tak punya payung hukum. Pemerintah Kabupaten Mubar mengajukan rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang mengatur tertib peredaran miras sebagai payung hukum. Pihak eksekutif telah mengajukan raperda itu ke legislatif bersama 14 raperda lainnya.

ILustrasi Raperda

Kabag Hukum Setda Pemkab Mubar, La Gandi mengatakan pembentukan Raperda itu menunjukkan pemerintah punya niat menertibkan proses pemasaran hingga pada level konsumsi. Sebab, itu merupakan bagian tanggungjawab pemerintah dalam mengendalikan pembuatannya sampai proses pemasaran.

“Substansinya hanya berupaya menertibkan. Ketika tidak tertib, nanti akan berdampak negatif. Itu yang perlu dihindari. Apalagi, efek dari miras mengganggu ketertiban dalam masyarakat,”ujar Gandi di ruang kerjanya, Senin (8/7). Dengan berbekal payung hukum itu, peredaran miras di Mubar bisa terkontrol. Tentunya sebagai bentuk pengendalian peredaran miras. “Raperda ini masih dalam tahap pembahasan. Belum tentu juga disepakati. Kami pemerintah menyampaikan, bahwa Raperda bahwa ini agar tertib. Tidak akan mematikan pendapatan masyarakat,”jelas La Gandi.

Menurut La Gandi, apabila disetujui oleh legislatif menjadi Perda, Pemkab Mubar akan menyosialisasikan aturan tersebut agar masyarakat memahami produk hukum tersebut. “Tapi ini kan masih lama. Kita akan sampaikan juga pada masyarakat. Ada tiga instansi yang bakal menjalankan produk hukum itu yakni Kesbangpol, Disperindag dan Satpol PP,” tutup La Gandi. (yaf/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy