Pemkab Konut Siapkan Lahan Menara Telekomunikasi – Kendari Pos
Konawe Utara

Pemkab Konut Siapkan Lahan Menara Telekomunikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Utara, Ruksamin berjuang untuk meretas keterisolasian sebagian kecamatan dari jaringan telekomunikasi. Pemkab Konut sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan menara bagi vendor telekomunikasi. Tim teknis yang dipimpin Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Konut, Ilham memastikan kesiapan dan kelayakan lokasi rencana pembangunan menara. Sebab, akses komunikasi menjadi kebutuhan urgen masyarakat. “4 kecamatan yang sudah kami survei yakni Kecamatan Wawolesea, Asera, Oheo dan Lasolo Kepulauan,”ujar Ilham, Kamis (11/7).

Kabid Komunikasi Diskominfo Konut saat pengambilan titik koordinat rencana pembangunan menara telekomunikasi di Kecamatan Wawolesea.

Alumni Komunikasi Fisip UHO itu menjelaskan Bupati Konut telah mengajukan permohonan penambahan jaringan seluler di 5 kecamatan kepada vendor tahun 2018 lalu. “Tapi sampai saat ini belum ada respons maupun tindak lanjut dari pihak penyedia jasa,”ungkap Ilham. Beberapa perusahaan penyedia jasa bisa merealisasikan menara telekomunikasi seluler bilamana pemerintah daerah menyediakan lahan rencana pembangunan menara beserta titik koordinat.

Termasuk membuat skema jaringan dalam bentuk pemetaan melalui aplikasi link jaringan, dengan melampirkan jumlah penduduk diarea blank spot dan ketersedian jaringan listrik 24 jam.”Petunjuk itu sudah kami lakukan. Rencana pembangunan menara dilengkapi dengan titik koordinatnya di 5 kecamatan itu, ” sebut Ilham.

Apabila penyedia jasa telekomunikasi masih tidak siap untuk membangun sesuai dengan petunjuk yang diberikan maka Diskominfo akan mengajukan anggaran pembangunan menara mandiri milik Pemda kepada DPRD.Tentunya tetap merujuk pada kemampuan anggaran daerah. “Berdasarkan estimasi anggaran pembangunan menara dengan ketinggian 72 meter berkisar pada angka Rp 900 juta per menara,” tutup Ilham. (min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top